Scroll to Top

Lionel Messi Akan Memecahkan Rekor Dunia Archie Stark 70 Gol Semusim?

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 05 May 2012

Lionel Messi 2

Pertengahan pekan ini Lionel Messi sudah memecahkan rekor Gerd Mueller yang bertahan 39 tahun. Sepanjang waktu hampir empat dekade, tak satu pun pemain yang mampu menyetarai jumlah gol Mueller yang mencapai 67 gol dalam semusim. Namun, Messi tak boleh berpuas hati. Ia masih harus menyaingi seorang pemain lagi, Archie Stark.

Nama Archibald ‘Archie’ Stark mungkin terdengar asing bagi banyak kalangan. Pemain kelahiran 21 Desember 1897 ini memang lahir di Skotlandia. Namun, keluarganya berpindah ke negeri Paman Sam sejak Archie Stark berusia 13 tahun. Otomatis, Archie menjalani karier sepakbolanya di Liga Amerika Serikat.

Berposisi sebagai penyerang, salah satu karier paling fenomenal Archie terjadi ketika ia berkostum Betlehem Steel. Pada musim 1924/1925, Archie mampu membukukan 67 gol di liga domestik dan 3 gol di ajang ASL Cup. Jika dijumlahkan, angkanya mencapai 70 gol.

Archie-Stark

Keinginan kita untuk mengorek karier Archie sendiri, kurang didukung dengan data yang lengkap. Catatan golnya hanya didapat setelah tahun 1921. Yang jelas, bermain di Betlehem Steel adalah puncak masa keemasan sang penyerang maut karena ia mampu mencetak 232 gol hanya 205 laga; terbaik dibandingkan karier Archie bersama tujuh hingga delapan klub lain.

Melihat 70 gol yang dibuat Archie pada musim 1923/1924, memang akan membuat para penyerang top dunia. Bahkan mungkin termasuk Cristiano Ronaldo yang hingga kini masih mencetak 58 gol –dan butuh 12 gol dalam 2 partai sisa untuk menyamainya—-.

Lain halnya dengan Lionel Messi. Ia sudah mencetak 68 gol dalam semusim. Cuma butuh 3 gol untuk melampaui rekor Archie Stark. King Leo pun masih menyisakan 3 pertandingan (plus final Copa del Rey). Kita tinggal melihat di laga melawan klub mana King Leo melewati rekor Archie Stark.
Menjamu Espanyol, dijamu Real Betis, atau saat bermain melawan Athletic Bilbao? Cuma King Leo yang bisa memutuskannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda