Scroll to Top

Tito Vilanova, Direktur Teknik Chelsea, dan Agen Jordi Alba Pernah Satu Klub di Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 05 May 2012

Tito Vilanova

Michael Emenalo adalah direktur teknik Chelsea. Semua orang mengetahui hal tersebut. Tito Vilanova adalah pelatih Barcelona musim 2012/1013. Semua juga mengetahuinya. Yang unik, keduanya pernah bahu-membahu di sebuah klub gurem bernama Lleida, bersama seorang pemain yang kini menjadi agen Jordi Alba, pemain Valencia.

Siapa yang percaya bahwa seorang pemain yang gagal menembus tim senior Barcelona pada era awal 1990-an, kini tengah merancang takdir besar sebagai pelatih klub terbaik dunia ini mulai musim depan? Ya, Tito Vilanova, memang memiliki karier yang kontras ketika bermain dan melatih, layaknya Jose Mourinho.

Tito Vilanova
Tito Vilanova di Celta Vigo

Kita pernah membahas bahwa Tito Vilanova pernah berseteru dengan Barcelona ketika berkostum Celta Vigo pada awal dekade 1990-an. Namun, karier sepakbola Tito tak berhenti di sana.

Pemain bernama lengkap Francesc Vilanova i Bayo pindah ke Badajoz, Real Mallorca, kemudian Lleida pada musim 1997/1998. Ketika itu Lleida bermukim di Segunda Division. Di sanalah Tito bertemu dengan Michael Emenalo, yang kelak akan menjadi direktur teknik Chelsea.

Emenalo yang seorang bek, tercatat bermain 1830 menit sepanjang musim. Sementara, Tito berlaga sebanyak 1114 kali dan mencetak 3 gol. Namun, cerita tidak sampai di sana. Faktanya, Lleida saat itu dihuni oleh orang-orang yang kelak berperan besar di sepakbola Eropa dekade 2010-an. Setelah Tito dan Emenalo, ada pula beberapa pemain yang sekarang peruntungannya membaik.

Michael Emenalo
Michael Emenalo di Chelsea

Sebutlah Raul Ojeda, kiper Lleida musim tersebut, yang sekarang menjadi direktur teknik SD Huesca, klub Segunda Division. Ada pula     Vicente Fernández Pujante (dahulu gelandang) yang sekarang menjadi pemandu bakat Chelsea khusus di wilayah Spanyol dan Portugal.

Yang tak kalah penting, di skuad Lleida musim 1997/1998 ada nama Jose Tarraga yang sekarang menjadi agen Jordi Alba, pemain Valencia yang digadang-gadang akan menjadi milik klub Barcelona musim depan.

Satu yang unik, pemain bernama Marc Carballo yang kelahiran 1976 (36 tahun). Carballo saat ini masih aktif bermain untuk klub UE Tarrega yang bermain di liga regional Catalonia.

Ya, siapa yang menyangka, sekumpulan pemain yang merumput di klub Segunda Division musim 1997/1998 sekarang berperanan penting di klub-klub lain; bahkan Tito, Emenalo, dan Jose Tarraga mendapatkan pencapaian yang baik daripada saat masih aktif merumput.

(Mundo Deportivo/Bdfutbol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda