Scroll to Top

5 Perbedaan Kerja Otak Wanita Dibanding Pria

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 05 May 2012

otak perempuan

Perbedaan pria dan wanita tidak sebatas fisik dan suaraya. Ternyata, lebih dari itu, ada perbedaan otak antara mereka. Inilah yang kemudian menjadi pembentuk karakteristik dan keunikan. Demikian menurut penggerak Dr. Louann Brizendine dari University of California.

Kesimpulannya, otak pria dan wanita tidak unisex. Dikutip dari MSN, uniknya otak wanita itu ada lima:

  • Keberadaan haid membuat kerja otak menyesuaikan kondisi sikus tersebut. Otak akan memroduksi hormon yang berubah dengan konstan mengiringi perputaran tiap fase dalam siklus haid. Hormon ini berpengaru pada energi, senitivitas, kerja otak, dan penampilan.
  • Punya naluri lebih kuat. Seringkali wanita bisa menebak sesuatu menggunakan intuisi yang dimilikinya. Otak wanita bahkan mampu bekerja untuk mengenali kebohongan dengan melihat petunjuk dari bahasa tubuh atau sinyal nonverbal. Wanita punya intuisi sangat kuat. Jangan heran kalau seolah-olah mereka mampu membaca pikiran.
  • Wanita terlalu sensitif menggapi sesuatu. Wanita cukup dalam memakai perasaan saat berhadapan dengan rasa sakit dan takut, menurut sebuah studi. Akibatnya, mereka gampang stres karena tidak mudah melupakan suatu masalah.
  • Libido wanita mudah ngedrop. Soal seks, wanita tidak bisa seperti pria yang bisa dengan mudah menaikkan libidonya. Wanita gampang menurun libidonya hanya gara-gara hal kecil yang mengganggu mood. Kadang hanya karena dingin, capek, malas, dan hal sepele lainnya, mereka menolak diajak bercinta oleh pasangannya. Oleh karena itu, wanita perlu foreplay lebih lama agar otaknya tersugesti untuk bergairah.
  • Wanita hamil punya kerja otak berbeda. Pada saat kehamilan menginjak 8 bulan, wanita biasanya terlihat cukup tenang. Penyebabnya, hormon progesteron naik samai 30 kali. Otak wanita juga mengecil 4 persen yang akan normal dalam enam bulan usai persalinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda