Scroll to Top

Electronic Arts Akan Produksi Game Untuk Linux

By Ditya / Published on Saturday, 05 May 2012

Electronic Arts

Electronic Arts (EA), salah satu penerbit game terbesar didunia disinyalir akan memasuki pasar sistem operasi open source, Linux.

Electronic Arts yang menerbitkan berbagai game populer seperti Battlefield 3 dan Mass Effect ini dikabarkan sedang menyiapkan slide persentasi mereka untuk ajang Ubuntu Developer Summit yang dilaksanakan minggu depan.

Di ajang Ubuntu Developer Summit, Electronic Arts mendapatkan sesi pleno dengan durasi 15 menit saja untuk mempresentasikan apa yang menjadi tujuan Electronic Arts di Linux.

Seperti yang dikutip dari LegitReview, hal yang dilakukan Electronic Arts ini merupakan terobosan yang signifikan untuk dunia Linux. Steam juga sempat dikabarkan akan meluncurkan game untuk Linux.

Munculnya game-game populer yang dulunya hanya hadir di Windows dan Mac dan kini akan hadir untuk Linux dinilai akan membuat Linux makin populer dan membuat Linux menjadi sistem operasi mainstream.

Sampai saat ini hampir tidak ada game komersial populer yang medukung sistem operasi Linux. Game yang hadir di Linux adalah game-game gratis yang bersifat open source.

Kehadiran game populer di Linux akan memuaskan para gamer yang telah menggunakan Linux dan akan medorong Linux menjadi sistem operasi mainstream dan bersaing dengan Microsoft.

Sistem operasi Linux hingga saat ini memang tidak terdapat sistem DRM (Digital right Management) didalamnya seperti proses aktivasi perangkat lunak untuk mencegah pembajakan.

Electronic Arts diperkirakan akan menerapkan hardcore DRM untuk melindungi game-gamenya dari pembajakan, namun pengguna linux rata-rata adalah pengguna yang melek teknologi, mungkin saja DRM dilewati dengan mudah.

Terlepas dari masalah DRM, langkah Electronic Arts dan Steam dinilai cukup berani dan hal ini akan mendorong Linux menjadi sistem operasi alternatif yang digemari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda