Scroll to Top

Lionel Messi 72 Gol dalam Semusim

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 06 May 2012

Lionel Messi 2

Sempat menghilang dalam tiga pertandingan penting Barcelona, Lionel Messi menggila dalam tiga pertandingan terakhir. 9 gol diciptakannya sekaligus membuat koleksi gol sang nomor 10 mencapai 72 gol; menciptakan rekor dunia sepanjang masa.

Tidak ada yang menyangka, jumlah gol King Leo bisa bertambah begitu cepat. Setelah tak mampu mengoyak gawang lawan saat melawan Chelsea (2 kali) dan Real Madrid, Lionel Messi masih berkutat di angka 63 gol. Dengan hanya memiliki 5 laga sisa (4 di Liga Spanyol dan 1 di final Copa del Rey), banyak yang menganggap King Leo cuma akan mentok di angka maksimal 70 gol dalam lima laga tersebut.

Namun, Lionel Messi untuk kesekian kalinya menyihir dunia. Rayo Vallecano dibobol dua kali untuk kemenangan besar 0-7 Barcelona; rekor kemenangan terbesar dalam laga tandang era Pep Guardiola.

Belum cukup, Malaga diremukkan 4-1 dengan tiga golnya. Ketika itu jumlah gol King Leo sudah mencapai 68 gol. Artinya, ia melampaui rekor Gerd Mueller, penyerang tersubur Eropa dalam semusim sepanjang masa. Mueller mencetak 67 gol pada musim 1972/1973.

Capaian King Leo belum berhenti. Hari ini 4 golnya sukses meremukkan Espanyol 4-0 dalam Derbi Barceloni. Otomatis, Lionel Messi kini resmi membuat 72 gol dalam semusim. Ia unggul 2 gol dari Archie Stark yang tercatat mencetak 70 gol pada musim 1924/1925.

Lionel Messi

Sementara, khusus untuk jumlah gol dalam semusim hanya untuk liga domestik, King Leo resmi melampaui beberapa orang.

Misalnya, Tom Waring (Aston Villa musim 1930/1931) di Liga Inggris musim tersebut. Ada pula, Ladislau Bonyhadi (ITA Arad musim 1947/1948) di Liga Rumania. Demikian pula, Joaquin Botero (Bolivar musim 2002) di Liga Bolivia.  Ketiga pemain ini sama-sama mencetak 49 gol dalam semusim di liga masing-masing.

Namun, khusus untuk liga domestik, Messi masih kalah dengan beberapa penyerang dunia. Sebutlah Pele (Santos musim 1958) di Liga Brazil dan Ferenc Deak (Szentlőrinci musim 1945/1946) di Liga Hungaria; yang sama-sama mengoleksi 66 gol di liga masing-masing.

Sementara, rekor tertinggi mencetak gol di liga domestik, tetap dipegang Archie Stark yang mencetak 67 gol atau saat ini 17 gol lebih baik daripada King Leo; yang “baru” mencetak 50 gol di Liga Spanyol musim 2011/2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda