Scroll to Top

Makanan Terpapar Insektisida Bahayakan Otak Janin

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 06 May 2012

makanan berinsektisida

Ibu hamil sebaiknya berhati-hati mengonsumsi makanan yang diduga terpapar insektida dalam perawatannya. Zat racun yang kerap dipakai untuk mencegah hama anaman itu bisa membahayakan kesehatan janin. Demikian menurut studi dari Prosiding National Academy of Sciences, seperti dikutip Rodale News.

Bahan yang dikhawatirkan tersebut adalah klorpirifos. Fungsinya untuk membunuh hama. Namun, klorpirifos bisa merusak fungsi otak anak kalau terkontaminasi ke tubuh.

Studi ini menemukan, dari scan otak terhadap anak yang terpapar klorpirifos, menunjukkan ada kerusakan. Pemicunya, sewaktu dalam kandungan, si anak terpapar cukup kuat oleh zat itu. Pada pengamatan terhadap relawan ibu hamil yang terpapar klorpirifos dalam kadar tinggi, hasil scan otak menunjukkan tidak normalnya ukuran otak dan perubahan otak dari bentuk yang seharusnya.

Peneliti menyarankan, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan organik yang minim zat kimia. Cara ini lebih baik dalam memberikan perlindungan buat janin.

Studi yang telah ada juga menyebutkan, insektisida berefek buruk bagi tubuh. Misalnya mengakibatkan IQ rendah pada anak-anak, autis, ADHD, dan leukimia buat anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda