Scroll to Top

Facebook Ingin Masuki China?

By Ditya / Published on Sunday, 06 May 2012

Facebook China

Facebook adalah raksasa situs jejaring sosial paling populer saat ini dan telah memiliki 900 juta pengguna aktif di dunia. Tahukah Anda bahwa Facebook dilarang di China?

Pendiri raksasa jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg, terakhir mengunjungi China pada Desember 2011. Kunjungan ini menciptakan spekulasi dari berbagai pihak bahwa Facebook akan memasuki China.

Spekulasi ini diperkuat dengan bocornya foto Mark Zuckerberg di markas Sina, Beijing, yang dibocorkan oleh karyawan Sina.

Selain itu, Mark Zuckerberg dikabarkan juga menggelar pertemuan dengan perusahaan internet di China seperti Baidu dan Alibaba yang disinyalir sebagai langkah Facebook untuk mencari mitra lokal.

Seperti yang dilansir dari TechCrunch, Memasuki pasar internet China memang bukanlah hal yang mudah, ketatnya peraturan dan kebijakan pemerintah China seperti membentuk pagar yang susah di tembus perusahaan sekelas Facebook.

Google, raksasa mesin pencari ini pernah merasakan pahitnya kebijakan China dan ketatnya aturan sensor serta berbagai hal lain yang akhirnya membuat raksasa ini angkat kaki dari China.

Untuk memasuki pasar China, mungkin Facebook harus mengurus berbagai perizinan dan peraturan yang ketat menurut kebijakan pemerintah China, setidaknya, Facebook harus mendapatkan izin dari :

  • General Administration of Press and Publication (GAPP)
  • People’s Bank of China (PBoC)
  • Ministry of Culture of the PRC
  • The Information Office of the state Council of PRC
  • The State Administration of Radio Film and Television
  • The Ministry of Information Industry

Selain perizinan yang banyak, Facebook juga harus menuruti kebijakan pemerintah China terkait sensor segala macam informasi terkait berbagai informasi sensitif China.

Terlepas dari segala kerumitan dan perizinan untuk memasuki pasar, China adalah pasar yang memiliki potensi yang besar sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.

China memiliki basis instalasi dan produksi ponsel terbesar di dunia, pasar China sangat bagus untuk bereksperiman dengan layanan mobile baru dan hal ini akan menjadi potensi bisnis baru jika Facebook dapat memasuki pasar China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda