Scroll to Top

“Dokter Google” Jadi Rujukan Wanita untuk Konsultasi Kesehatan

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 06 May 2012

wanita ngenet

Untuk urusan penasaran terhadap hal medis, kaum wanita ternyata lebih suka mengeksplorasi dunia maya untuk mencari solusi kesehatan. Dibanding membuat janji dengan dokter, informasi dari internet lebih memuaskan pertanyaan di pikiran mereka. Demikian menurut penelitian yang dilakukan oleh  Saldo Activ.

Google, sebagai mesin pencari, sudah bertindak layaknya pengganti dokter. Memang, beragam informasi kesehatan bisa didapat dengan mudah lewa Google. Dan, orang merasa lebih praktis mengaplikasikan saran “Dokter Google” dibanding langsung berkonsultasi dengan dokter sesungguhnya.

Hanya saja, efektivitas cara tersebut perlu dikaji ulang. Pasalnya, dari 1.000 wanita Inggris yang dijadikan responden, sekitar 25 persen salah dalam mendiagnosa keluhan mereka melalui informasi dunia maya. Parahnya, mereka juga membeli dan meminum obat yang pemakaiannya tidak tepat untuk penyakit yang dirasakan.

Dengan demikian, menyocokkan penyakit yang dirasakan dengan informasi di internet memiliki risiko tinggi terhadap kesehatan. Ada semcam unsur judi di sana. Kalau informasi cocok, maka seseorang bisa sembuh. Namun, kalau penanganan yang dianjurkan dalam informasi di dunia maya salah, maka berisiko penyakit bertambah parah.

“Ada kecenderungan meningkat ke arah menggunakan internet untuk mendiagnosa setiap penyimpangan atau kekhawatiran tentang tubuh kita,” kata Penny McCormick, juru bicara Saldo Activ, dikutip Daily Mail.

Alasan wanita melakukan hal ini adalah rasa malu untuk mengungkapkannya kepada keluarga atau kerabat terhadap keluhan fisik yang dialaminya. Sepertiga responden mengatakan hal tersebut. Dan, seperempat dari mereka takut untuk menyeritakan penyakitnya kepada dokter. Ada sepertiga dari responden wanita yang beranggapan bahwa konsultasi ke dokter adalah pilihan terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda