Scroll to Top

GIMP : Software Pengolah Gambar Alternatif Photoshop

By Ditya / Published on Monday, 07 May 2012

GIMP Single Window

Anda yang berkecimpung di dunia desain grafis, pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat lunak pengolah gambar, Adobe Photoshop.

Perangkat lunak buatan Adobe memang digemari oleh banyak kalangan mulai dari yang prosesional hingga yang awam karena kemampuan pengolahan foto dan manipulasinya.

Namun tidak semua orang mampu membeli lisensi Photoshop yang mencapai 6 jutaan untuk satu lisensi, perangkat lunak open source seperti GIMP bisa jadi solusi alternatif dari Adobe Photoshop.

Pengguna Linux tentu tidak asing lagi dengan GIMP. GIMP (GNU Image Manipulation) adalah aplikasi pengolah foto dan gambar yang bersifat open source dan gratis. GIMP tersedia untuk 3 sistem operasi Windows, Mac dan Linux.

Awalnya, GIMP diciptakan oleh mahasiswa di UC Berkeley pada tahun 1996 dan kemudian menjadi proyek GNU open source.

GIMP memiliki berbagai fitur pengolah gambar layaknya Photoshop, sebut saja pallete, selection tool, brush, blend, channel, layer dan banyak lagi. GIMP juga menyediakan aneka macam filter untuk memberikan efek pada gambar.

Meski fitur yang dibawa GIMP cukup lengkap, namun beberapa pihak masih menganggap kemampuan GIMP masih dibawah Adobe Photoshop dan belum benar-benar bisa menggantikan Photoshop.

Terlepas dari keraguan banyak pihak mengenai kemampuannya, GIMP sebenarnya telah banyak digunakan di dunia desain grafis, GIMP memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Photoshop yaitu sifatnya yang gratis dan open source serta memiliki basis komunitas pengguna yang cukup besar.

Minggu ini, GIMP telah meluncurkan versi terbarunya, versi 2.8 yang mengusung dukungan modus single window. Awalnya banyak pengguna awam yang bingung dengan GIMP karena tampilan multi window-nya.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, GIMP versi terbaru ini menggunakan modus multi window secara default, namun pengguna dapat beralih ke modus single window agar terlihat lebih rapi dan mudah digunakan.

Secara umum, GIMP adalah perangkat lunak pengolah gambar yang canggih, gratis dan open source. GIMP sangat cocok bagi yang ingin terjun ke dunia grafis dan manipulasi foto namun tidak mampu membeli lisensi Adobe Photoshop.

Anda penasaran dengan kecanggihan GIMP? Silahkan unduh disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda