Scroll to Top

Minyak Ikan Cegah Sakit Jantung Akibat Polusi Udara

By Ilham Choirul / Published on Monday, 07 May 2012

minyak_ikan

Minyak ikan yang kaya dengan asam lemak omega-3 punya pengaruh positif untuk mencegah serangan jantung dan stroke yang disebabkan oleh polusi udara. Omega-3 berperan dalam melawan kerusakan yang disebabkan oleh kandungan kimia di udara.

Sebuah studi menyatakan, udara berpolusi bisa memicu terjadinya pengetalan darah. Zat seperti timbal atau karbon monoksida diduga kuat menjadi penyebabnya. Saat laju darah tidak lancar, tekanan darah meninggi dan bisa berakibat munculnya serangan jantung atau stroke. Polusi ini dapat muncul dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, hingga asap pembakaran kayu.

Pada penelitian yang dilakukan tim dari Environmental Protection Agency and the National Institute for Environmental Health Scientists mendapati, minyak ikan masih lebih bagus dari minyak zaitun dalam mencegah serangan jantung akibat polusi udara. Sejumlah 29 orang relawan dewasa, sebagian diminta untuk mengonsumsi minyak ikan dan sebagian makan plasebo suplemen minyak zaitun. Mereka lalu ditempatkan ke ruangan dengan kadar polusi udara yang sama seperti polusi di luar ruangan, selama dua jam.

Dari pemerikaan darah relawan ditemukan, kadar kolesterol jahat (LDL) yang makan minyak ikan sama seperti pemeriksaan kolesterol sebelum diberikan paparan polusi. Sementara itu, relawan yang makan minyak zaitun mengalami perubahan kadar kolesterol jahat dibanding sebelum terkena paparan polusi.

Dengan demikian, minyak ikan sangat bagus untuk dikonsumsi rutin bagi orang yang sering terpapar polusi udara. Penelitian ini merekomendasikan makan 3 gram minyak ikan sehari untuk pencegahan penyakit kardiovaskular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda