Scroll to Top

Awas! Password Login Mac OS X Lion Tidak Aman

By Ditya / Published on Monday, 07 May 2012

Bug Mac OS X

Siapa yang menyangka bahwa sistem operasi besutan Apple yang terkenal aman ini terdapat bug yang membuat password pengguna tidak aman.

Mungkin programmer Apple telah melakukan kesalahan hingga terdapat bug pada sistem operasi Macintosh Lion update 10.7.3 yang memungkinkan password pengguna tersimpan dalam bentuk teks.

Bug sendiri adalah celah atau kesalahan yang disebabkan oleh kode program yang menyebabkan program berjalan dengan tidak benar, kesalahan seperti ini biasanya ditimbulkan oleh programmer program tersebut.

Pada konfigurasi tertentu, Mac menyimpan segala aktifitas yang terjadi termasuk informasi login pengguna dalam sebuah file debug log yang tersimpan dalam bentuk teks biasa tanpa enkripsi.

Bug kemananan ini pertama kali ditemukan oleh David Emery dan memposting semuanya ke milis Cryptome dan bug ini belum diperbaiki hingga update berikutnya.

File log yang berisi informasi pengguna termasuk pasword ini dapat diakses dengan mudah oleh hacker tanpa menggunakan akun administrator untuk mengambil alih komputer.

Seperti yang dikutip dari ZDnet, Apple selaku pembuat Mac harus segera memperbaiki masalah ini demi keamanan informasi sensitif penggunanya sebelum terjadi hal yang lebih butruk.

Selain merilis patch untuk memperbaiki cacat program pada FileVault, juga harus dipastikan apakah file log yang berisi informasi login pengguna telah dihapus.

Setelah perbaikan dirilis, pengguna Mac juga dihimbau untuk mengganti password untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sampai saat ini, Apple belum merilis perbaikan untuk menutupi cacat atau bug yang cukup rawan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda