Scroll to Top

Arena Nationala, Stadion Final Europa League 2012

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 07 May 2012

national-arena3

1o Mei 2012 nanti, duo tim Spanyol, Atletico Madrid dan Athletic Bilbao, akan hijrah ke Rumania. Mereka akan bertempur habis-habisan di Bukarest, tepatnya Stadion Arena Nationala dalam partai final Europa League 2012.

Arena Nationala memang merupakan stadion “baru”. Venue berkapasitas lebih dari 55000 penonton ini dibuka pada 6 September 2011 lalu. Namun, sebenarnya stadion ini berdiri di atas bekas Stadionul National yang mampu memuat 60000 orang. Ya, pada Oktober 2005, stadion kebanggaan rakyat Rumania yang sudah berusia sekitar 54 tahun, diputuskan untuk dibongkar ulang.

arenanationala2

Pembangunan ulang stadion ini sempat terkendala dengan berbagai hal. Terutama, pembiayaan yang simpang siur antara ada dan tiada. Sempat pula pengerjaan stadion terhenti oleh cuaca buruk musim dingin pada Desember 2009.

Setelah momen-momen tak menyenangkan, akhirnya Arena Nationala sang pengganti Stadionul National, siap dibuka pada pertengahan 2011. Namun, lagi-lagi ketidaknyamanan hadir bagi rakyat Rumania. Awalnya, Argentina direncanakan akan tampil menghadapi tuan rumah dalam laga pembukaan untuk stadion ini. Namun, pertandingan persahabatan ini batal setelah Argentina memecat pelatih Sergio Batista menyusul hasil buruk tim Tango di Copa America 2011.

Pembukaan Arena Nationala pun harus ditunda hingga laga Rumania vs Perancis dalam lanjutan kualifikasi Euro 2012 pada 6 September 2011. Namun, lagi-lagi rakyat Rumania harus menahan napas kecewa. Bahkan mungkin menutup muka. Dalam 10 menit laga berjalan, rumput stadion rusak. Biaya pembangunan Arena Nationala yang fantastis pun menjadi bahan olok-olokan media. Bahkan, Le Monde, salah satu harian Perancis menyebut kejadian rumput rusak parah ini sebagai parodi pertandingan tingkat internasional.

Arena Nationala
Rumput Rusak Arena Nationala

Terlepas dari kontroversi Arena Nationala, tiga hari lagi stadion ini akan menjadi saksi bisu perjuangan dua tim Spanyol merengkuh gelar juara. Apakah Atletico Madrid, yang sudah merasakan lima partai final kejuaraan Eropa sebelum laga ini? Ataukah Athletic Bilbao yang ingin mengubur tragedi musim 1976/1977 saat menjadi runner-up di Piala UEFA dan Copa del Rey?

national-arena

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda