Scroll to Top

Beberapa Penyakit yang Bisa Diatasi dengan Cengkeh

By Ilham Choirul / Published on Monday, 07 May 2012

cengkeh

Cengkeh, salah satu bumbu dapur yang sempat jadi rebutan dalam masa kolonial Belanda di Indonesia ini, punya manfaat untuk kesehatan disamping melezatkan masakan. Cengkeh membantu metabolisme dan proses pencernaan di tubuh. Dalam pengobatan China, cengkeh sering dipakai untuk menangani keluhan pencernaan, mual, dan sebagainya.

Kalau Anda punya keluhan seperti di bawah ini, Anda bisa pakai cengkeh yang ada di stok bumbu dapur sebagai obat:

  • Sakit gigi. Masukkan minyak cengkeh ke gigi yang sakit atau berlubang. Ini bisa meredakn sakit yang dirasakan dan mengurangi infeksi. Minyak cengkeh dapat bertindak sebagai antiseptik. Namun, kalau ingin sembuh total, segera periksakan gigi Anda untuk ditambal atau menjalani penanganan lain dari dokter gigi.  Minyak ini hanya untuk kebutuhan darurat.
  • Stres. Didihkan air, daun kemangi, daun mint, dan cengkeh. Minumlah ramuan ini untuk merileksasikan saraf-saraf yang tegang. Bisa pula ditambahkan teh hitam dan madu untuk menambah kuat khasiatnya.
  • Gangguan pencernaan. Untuk masalah nyeri perut dan mual atau muntah, bisa Anda campurkan cengkeh dan madu. Minumlah ramuan itu segera. Ramuan ini menangani iritabilitas lambung dan dispepsia.
  • Batuk. Kunyahlah cengkeh bersama garam dapur untuk mengobati batuk. Fungsinya untuk memudahkan dahak keluar dan mengurangi iritasi tenggorokan. Atau, Anda bisa pula mengunyah cengkeh yang sudah dibakar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda