Scroll to Top

Google Play Capai 15 Milyar Download

By Ditya / Published on Monday, 07 May 2012

Google Play

Toko online yang dulu mengusung nama Android Market, Google Play, telah mencapai jumlah unduhan 15 milyar download.

Kemarin, sebuah koran di Inggris independen membahas tentang bagaimana Google dapat mencapai angka 15 milyar download.

“Pencapaian 15 milyar download sudah terjadi di beberapa minggu yang lalu,” kata sorang juru bicara Google.

Awalnya, Google memiliki sebuah toko online aplikasi khusus untuk platform Android. Seiring berjalannya waktu, Google melakukan pengembangan dan memutuskan untuk merubah Android Market menjadi Google Play yang mencakup pasar yang lebih luas.

Angka pencapaian download yang terakhir dirilis Google adalah 11 milyar download pada sebuah pernyataan publik. Saat itu Google Play masih mengusung nama Android Market yang diumumkan pada kuartal ke 4 tahun 2011.

Pada bulan April, Google hanya merilis laba yang dihasilkan Google Play pada kuartal pertama 2012, tidak menyebutkan pencapaian download.

Pesaingnya, Apple melalui Apple App Store telah mencapai 15 milyar download pada bulan Juli 2011 dan jumlah pencapaian terakhir Apple adalah 25 milyar download pada bulan Maret 2012.

Melihat jumlah total download, dapat kita lihat bahwa Google menghasilkan 1 milyar download aplikasi Android per bulan dan Apple mampu menghasilkan 1,25 milyar download aplikasi iOS per bulan.

Jumlah aplikasi Apple App Store juga lebih unggul dengan 600.000 aplikasi sedangkan Google Play baru mencapai sekitar 500.000 aplikasi.

Analis Horace Dediu mencatat bahwa Google telah membayar pengembang aplikasi sebesar $ 320 juta, sedangkan Apple telah membayar pengembang aplikasi sebesar $ 4 milyar.

Berdasarkan data-data dari analois, sebagian besar pendapatan Google berasal dari iklan dan sebagian juga bersasal dari hasil penjualan aplikasi.

Seperti yang dikutip dari TechCrunch, pada tahun 2011, Google menghasilkan $ 492,5 juta dari iklan dan hanya $ 14,5 juta dari hasil penjualan aplikasi.

Tahun 2012 ini, Google memperkirakan akan menghasilkan $ 804,3 juta dari iklan dan hanya $ 35,9 juta dari hasil penjualan aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda