Scroll to Top

Wolfgang Stark Wasit Final Europa League 2012

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 07 May 2012

Wolfgang Stark

Terjawab sudah siapa wasit yang akan memimpin partai final Europa League musim ini. Dialah Wolfgang Stark, wasit asal Jerman berusai 42 tahun.

Wasit yang lahir pada 20 November 1969 di Landshut ini memang bukan orang baru dalam urusan memimpin pertandingan. Sejak 1999 Stark sudah menjadi pengadil lapangan tingkat internasional. 89 partai yang berada di bawah payung UEFA sudah digelutinya.

Namun, bukan berarti Stark tidak memiliki kontroversi. Salah satu kasus yang sering disinggung publik dunia adalah partai semifinal Piala Dunia U-20 pada tahun 2007. Ketika itu Stark total memberi 9 kartu kuning untuk para pemain muda Chili. Plus, dua kartu merah untuk Gary Medel (langsung) dan Dagoberto Currimilla (dua kartu kuning).

Aksi eksentriknya yang menghamburkan kartu kuning ini sempat membuat Stark harus dikawal oleh polisi untuk meninggalkan lapangan. Sementara, para pemain Chili junior yang mengamuk, harus bentrok dengan pihak keamanan dan ditahan berjam-jam di stadion.

Wolfgang Stark 2

Bagi fans Real Madrid dan Barcelona sendiri, Wolfgang Stark juga merupakan sosok spesial. Ia memimpin leg pertama semifinal Liga Champions musim lalu. Kala itu, Stark memberi kartu merah kepada Pepe yang melanggar Dani Alves. Madridistas beranggapan kartu merah yang disodorkan Stark terlalu berlebihan karena kaki Pepe tidak menyentuh kaki Dani Alves.

Jose Mourinho sendiri menyebut partai ini sebagai Skandal Bernabeu karena seolah ada konspirasi untuk menjatuhkan tim yang diasuhnya di Liga Champions. Padahal, aksi Pepe memang terkategorikan sebagai tindakan berbahaya yang bisa menyebabkan cedera fatal.

Terlepas dari kontroversi di atas, wasit yang memimpin tiga laga Piala Dunia 2010 ini tak diragukan lagi pengalamannya. Musim ini Stark sudah menangani dua partai Europa League. Yaitu, babak 32 besar antara Manchester City vs Porto (4-0) dan perempat final antara Sporting Lisbon vs Metalist Kharkiv (2-1).

Wolfgang Stark 3

Dalam partai final yang akan diselenggarakan di Arena Nationala, Stark akan ditemani oleh dua hakim garis, Jan-Hendrik Salver dan Mike Pickel; keduanya dari Jerman. Sementara, ofisial keempat adalah Stéphane Lannoy dari Perancis. Warna Jerman semakin kental sebagai pengadil lapangan karena dua asisten wasit tambahan, Florian Meyer dan Deniz Aytekin, plus wasit cadangan, Mark Borsch, berasal dari negara peserta Euro 2012 ini.

(UEFA/AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda