Kehilangan data kantor atau pribadi mungkin seperti mimpi buruk yang membuat Anda stres berat, untuk menghindari kehilangan data, lakukan backup!

Backup sendiri langkah pengamanan data yang secara konvensional dilakukan dengan cara menduplikasikan data tersebut dan disimpan di media lain. Cara yang lebih canggih menggunakan software backup dan restore untuk mengamankan data.

Hal diatas adalah cara yang dilakukan untuk melakukan backup data di komputer, bagaimana jika data tersebut berada di akun email Gmail Anda?

Bayangkan saja Anda memiliki banyak data penting yang disimpan di akun email Gmail dan tiba-tiba Google menghapus akun karena akun Anda diserang hacker? Ya, data Anda akan hilang dan mimpi buruk pun terjadi.

Gmvault dapat membantu pengguna agar tidak mengalami kehilangan data yang disimpan di akun email Gmail, karena Gmvault akan membantu pengguna untuk backup data di akun Gmail.

Cara kerja Gmvault adalah melakukan login ke akun Gmail, melakukan sinkronisasi dan melakukan backup seluruh data pengguna yang ada di akun Gmail dan menyimpannya di komputer lokal.

Saat ini Gmvault baru mecapai versi beta, namun dapat digunakan dengan baik meski masih terdapat sedikit bug.

Sebenarnya Gmvault memiliki cara kerja yang mirip dengan perangkat lunak email client seperti Thunderbird atau Microsoft Outlook, namun Gmvault lebih sederhana dan Anda dapat memastikan cadangan data diperbarui setiap hari.

Fitur lain yang ditawarkan Gmvault adalah kemampuan mengembalikan data (restore) ke akun Gmail. Caranya cukup mudah, buat akun Gmail baru kemudian gunakan perintah restore untuk mengembalikan data.

Seperti yang dikutip dari Webmonkey, Gmvault adalah perangkat lunak yang berbentuk shell script dan tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac OS X dan Linux.

Penasaran ingin mencoba? Silahkan mengunduh Gmvault disini.