Scroll to Top

Kolesterol Rendah Turunkan Risiko Kanker

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 08 May 2012

serangan jantung

Hati-hati, kolesterol jahat (LDL) yang ada dalam tubuh tidak hanya membahayakan sistem kardiovaskular saja. Lebih dari itu, kolesterol juga memicu risiko kanker di tubuh. Semakin rendah LDL, maka memperkecil peluang bagi sel sehat untuk bermutasi menjadi sel kanker yang ganas. Demikian menurut studi yang dimuat jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention.

Dikutip dari laman Health, kolesterol tinggi memicu kanker prostat hingga 60 persen. Bahkan, kanker yang bisa muncul dari tinginya kolesterol tidak terbatas pada bagian prostat. Liver, paru-paru, dan bagian tubuh lain sama-sama berpotensi mengalami hal yang sama.

Para ahli menyarankan lebih baik mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol baik (HDL). Contoh lemak sehat ini terdapat pada minyak zaitun. HDL mampu mengurangi risiko terjadi kanker dan berfungsi menyerap LDL.

Dalam pengamatan terhadap relawan, pria yang memiliki HDL di atas 55 mg/dL memiliki penurunan kanker secara keseluruhan hingga 11 persen. Normalnya, HDL pada pria berkisar antara 40-50 mg/dL. Lebih baik tubuh punya HDL lebih tinggi dibanding LDL.

Dalam studi lain yang dilakukan National Cancer Institute (NCI), pengamatan terhadap 29 ribu perokok pria di Finlandia menunjukkan ada hubungan antara HDL dan kanker. HDL diduga kuat bisa mengurangi risiko kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda