Scroll to Top

Cara Sajikan Teh dan Kopi yang Aman untuk Diabetes

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 08 May 2012

Diabetes

Masyarakat seperti punya kebiasaan untuk mengonsumsi dua jenis minuman ini: teh dan kopi. Kedua minuman enak diseruput dalam berbagai situasi. Untuk jamuan bagi tamu juga kerap dihidangkan. Maka, jadilah minuman tersebut favorit bagi banyak orang.

Hanya saja, rasanya kurang lengkap bila minum teh dan kopi tanpa menyertakan gula. Rasa manis membuat keduanya makin nikmat. Tapi, gula menjadi ancaman bagi penderita diabetes. Bisa pula, keseringan mengonsumsi teh dan kopi manis malah bisa memicu munculnya diabetes tipe 2.

Kalau Anda salah seorang yang berpotensi atau sudah terkena diabetes, perlu Anda modifikasi cara mengonsumsi minuman ini agar tidak mengganggu kesehatan. Caranya sebagai berikut:

  • Ganti manisnya gula dengan madu secukupnya. Kandungan gula pada madu lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dibanding gula tebu. Untuk awalnya, barangkali perlu adaptasi tentang sensasi rasa manis yang sedikit berbeda dengan gula umumnya.
  • Beberapa studi menyebutkan, kopi hitam mengurangi risiko diabetes tipe 2. Oleh karena itu, jika Anda penghobi kopi, coba saja menyesuaikan diri meminum kopi pahit tanpa gula.
  • Begitu pula dengan teh, minuman ini membantu menormalkan insulin dalam darah sehingga mencegah diabetes. Dan, teh hijau adalah jenis teh yang baik untuk penderita diabetes. Konsumsilah teh hijau tanpa gula dan dapatkan gula darah normal dengan kadar antioksidan yang juga tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda