Scroll to Top

Google Self-Driving Cars, Mobil Tanpa Pengemudi Telah Diuji Coba

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 08 May 2012

Google Self-Driving Cars_1

Google Self-Driving Cars atau mobil tanpa pengemudi Google telah diuji cobakan. Pada Senin (07/05/12) silam waktu setempat, mobil dengan ‘teknologi tanpa supir’ ini menyusuri jalan raya di seputar Nevada, Amerika Serikat.

Pengujian ini dibawah otoritas Pejabat Departemen Kendaraan Bermotor Amerika Serikat atau DMV (Departement of Motor Vehicles).

Ujicoba kali ini adalah serangkaian ujicoba Google Self-Driving Cars setelah dilakukan di dua wilayah yang berbeda: Las Vegas dan Carson City.

Google Self-Driving Cars menggandeng pabrikan Toyota di tipe Prius untuk mobil auto-pilot-nya. Dengan sedikit modifikasi, mobil ini nantinya akan sedikit sekali melibatkan interaksi dengan manusia tatkala berjalan.

Google Self-Driving Cars_2

Google Self-Driving Cars akan menempatkan alat sejenis radar laser yang akan ditempatkan di atap mobil sebagai mesin pemindai.

Radar ini memiliki fungsi untuk memindai pelbagai moda transportasi di jalan raya: pejalan kaki, sepeda, motor, atau mobil. Tujuannya jelas, agar mobil auto-pilot ini bisa menghidarinya.

“Mungkin mobil ini akan sering membunyikan klakson, sebab dengan cara demikian maka kita akan menjadi aman,” terang direktur DMV, Bruce Breslow.

Rencanya Google Self-Driving Cars akan siap dipasarkan pada tiga atau lima tahun mendatang. Untuk saat ini Google masih mengujicobakan dengan pengawasan ketat otoritas DMV.

Berikut cuplikan uji coba Google Self-Driving Cars di jalan raya Nevada, Amerika Serikat yang diambil dari situs Youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda