Scroll to Top

Andien Pernah Kena Kanker Payudara

By Ika / Published on Tuesday, 08 May 2012

Penyanyi Andien

Penyakit kanker payudara adalah salah satu penyakit yang paling menakutkan bagi wanita, dan ternyata Andien pernah mengalami penyakit tersebut. Penyanyi bernama lengkap Andinie Aisyah Haryadi ini mengaku bahwa dirinya trauma gara-gara penyakit yang pernah ia derita saat usianya masih belasan tahun itu.

“Aku sudah mengalami sendiri penyakit kanker payudara saat umur 16 tahun dan itu benar-benar bikin trauma. Tahun 2002 lalu sudah diangkat,” kata Andien. “Terdeteksi secara tidak sengaja karena waktu itu aku dirawat karena terkena usus buntu. Di situlah aku terdeteksi kena kanker payudara.”

Gara-gara kejadian tersebut, gadis kelahiran 25 Agustus 1985 inipun selalu berhati-hati dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter agar ia tidak kembali mengidap penyakit yang sama.

“Aku melakukan pengobatan lebih lanjut, cuma pemeriksaan berkala, karena kata dokter kalau sudah pernah kena rentan untuk balik lagi,” ujar Andien. “Periksa setahun sekali karena tumor itu bisa datang lagi.”

Andien yang kini giat melakukan kampanye yang berkaitan dengan kanker payudara tersebut kemudian berbagi sedikit tips bagi para wanita agar terhindar dari penyakit mematikan itu.

“Selain faktor genetik, kanker payudara ini bisa tumbuh karena pola makan dan hidup tidak sehat. Sebisa mungkin kita harus memperhatikan gaya hidup kita,” kata Andien. “Jaga pola makan dan rajin berolahraga, stres dan pola makan yang salah bisa menyebabkan tumor.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda