Scroll to Top

Radamel Falcao, Arda Turan, Adrian, Thibaut Courtois, dan Diego: Lima Kunci Atletico Madrid

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 09 May 2012

Atletico Madrid

Menghadapi Athletic Bilbao esok hari, Atletico Madrid bergantung pada ‘Fantastic Five’ mereka: Radamel Falcao, Arda Turan, Adrian, Thibaut Courtois dan Diego Ribas.

Ketika Atletico Madrid mengangkat trofi Europa League dua musim lalu, ada lima pemain kunci yang disebut menjadi dewa-dewa Rojiblancos. Mereka adalah Sergio Aguero (Argentina), Jose Antonio Reyes, David De Gea (Spanyol), Simao Sabrosa (Portugal), dan Diego Forlan (Uruguay).

Atletico bukan klub yang mendewakan sejarah. Faktanya, hanya dalam waktu 1,5 tahun sejak menjajah Eropa, lima pemain kunci ini hilang satu persatu. Simao menjadi yang pertama ketika hijrah ke Besiktas pada bursa transfer musim dingin 10-11. Gelandang Portugal yang semakin uzur, memilih bermain di Besiktas di Turki.

Radamel Falcao

Empat sisanya, lepas satu demi satu pada musim ini. Diego Forlan bertolak ke Internazionale, Sergio Aguero diboyong Manchester City, David De Gea mencari gelar Premier League bersama Manchester United, dan terakhir Jose Antonio Reyes kembali ke klub yang membesarkannya, Sevilla.

Kehilangan lima pemain kunci, Atletico mendapatkan lima pengganti sepadan. Radamel Falcao, penyerang Kolombia yang seperti tidak tahu cara berhenti mencetak gol, begitu tepat menggantikan sosok Sergio Aguero. Musim ini Falcao sudah mencetak 33 gol dalam 48 pertandingan. Persentase mencetak golnya dibandingkan jumlah tembakan ke gawang, mencapai 44%.

Adrian Lopez
Adrian Lopez

Hingga musim lalu, Diego Forlan menjadi duet padu Aguero. Kini, sosok itu hadir pada Adrian Lopez. Dengan usia lebih segar, 24 tahun, penyerang Spanyol mampu membukukan 18 gol dalam 53 pertandingan.

Diego-Ribas-da-Cunha
Diego Ribas

Jose Antonio Reyes adalah otak penting Atletico Madrid. Kerelaan Rojiblancos melepaskannya ke Sevilla dianggap sebagai kekonyolan.

Namun, Diego Ribas yang pernah tak maksimal dalam perantauannya di Italia, adalah napas baru bagi anak asuh Diego Simeone. Meski berstatus pemain pinjaman dari Vfl Wolfsburg (Jerman) Diego berperan terlalu vital. 8 assist sudah disodorkannya; hanya kalah dari Arda Turan.

Arda Turan
Arda Turan

Ya, Arda Turan adalah pengganti maksimal Simao Sabrosa. Dihargai lebih dari 12 juta poundsterling, gelandang Turki menjadi pemberi assist terbanyak di klub (9 assist). Arda Turan yang berusai 25 tahun, juga cukup mampu menjadi pemecah kebuntuan lewat gol-gol ajaibnya.

Satu yang tak boleh dilewatkan adalah Thibaut Courtois. Ia boleh saja menjadi pemain pinjaman layaknya Diego. Namun, kiper belian Chelsea, menjadi aset berharga. Untuk pemain berusia 19 tahun, bermain 50 kali sebagai starter di klub perantauan, jelas bukan perkara mudah. Courtois membuat fans melupakan David De Gea yang sama-sama muda dan penuh talenta.

Thibaut-Courtois1

Lima pahlawan lama hilang, lima  kesatria baru muncul. Melawan Athletic Bilbao, kelima tokoh sentral Atletico Madrid musim ini bersiap meneruskan jejak merengkuh gelar Eropa ketiga (plus Piala Super Eropa 2010) dalam dua tahun terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda