Scroll to Top

Bata, Penyerang Athletic Bilbao Yang Lebih Tajam daripada Lionel Messi

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 09 May 2012

Lionel Messi 3

Ketajaman Lionel Messi tak bisa terbantahkan lagi. Musim ini di Liga Spanyol King Leo mencetak 50 gol hanya dalam 36 pertandingan. Namun, jika bicara persentase gol, masih ada yang lebih tinggi daripada sang mesiah. Dia adalah Bata, penyerang Athletic Bilbao pada musim 30/31.

Agustin Sauto Arana, atau lebih dikenal dengan nama Bata, adalah penyerang paling mengerikan pada masa-masa awal perjalanan Liga Spanyol.

Bata

Penyerang kelahiran 11 Mei 1908, baru muncul di musim kedua La Liga, tepatnya musim 1929/1930. Ketika itu, bermain selama 7 pertandingan (setara 630 menit) Bata hanya mampu mencetak 1 gol.

Namun, indikasi dirinya akan menjadi salah satu penyerang dengan naluri membunuh yang tinggi, sudah terlihat.

Musim berikutnya, indikasi ini terbukti. Bata langsung meraup gelar pichichi, pencetak gol terbanyak. 27 gol dilesakkannya dalam 17 pertandingan. Artinya, rekor gol Bata musim tersebut mencapai 1,59 gol per pertandingan.

Jika dibandingkan dengan catatan Lionel Messi musim ini, King Leo mencatat rerata 1,38 gol per pertandingan.

Athletic Bilbao sendiri, pada musim 1930/1931 tersebut, memang sangat mengerikan. Bermain 18 kali, klub Basque mampu mencetak 73 gol atau rata-rata 4,06 gol setiap laga.

Lagi-lagi, jika dibandingkan dengan rekor Real Madrid musim ini, pasukan San Mames lebih superior. Los Merengues ‘hanya’ mencatatkan 3,16 gol per pertandingan.

Kembali ke Bata, penyerang ini total mampu memborong 108 gol dalam 118 laga di kompetisi domestik. Membuat rata-rata mencetak golnya mencapai 0,92 gol per pertandingan.

Bata sementara ini lebih baik daripada Lionel Messi yang ‘hanya’ memiliki rerata 0,79 gol setiap pertandingan. Namun, King Leo masih memiliki 8 hingga 10 tahun ke depan untuk menyalip catatan Bata, pria yang memberikan empat trofi La Liga dan empat trofi Copa del Rey untuk Bilbao.

Lionel Messi 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda