Scroll to Top

Radamel Falcao 12 Gol Pencetak Gol Terbanyak Liga Eropa

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 10 May 2012

Dua gol yang dicetak oleh Radamel Falcao pagi ini tidak hanya mengantar klubnya meraup gelar juara. Tetapi juga membuat penyerang Kolombia menjadi pencetak gol terbanyak Europa League dengan 12 gol.

Musim lalu, memori indah dipegang Falcao. Berkostum FC Porto, klub Portugal yang disepuh Andre Villas-Boas, ia mampu memborong 17 gol di Europa League.

Termasuk empat gol dalam satu laga yang disarangkan kala The Dragons menghajar Villarreal 5-1 di semifinal leg pertama. Tak kalah penting, Falcao juga menjadi pencetak gol tunggal di partai final ketika Porto menekuk sesama klub Portugal, Braga.

18 Agustus 2011, tepat tiga bulan setelah mengangkat trofi Europa League dan menyabet gelar top skorer kompetisi tersebut, Falcao berpindah hati. 40 juta Euro yang digelontorkan Atletico Madrid membawa penyerang kelahiran 1986 pindah ke Ibukota Spanyol.

Bergelar sebagai pemain termahal dalam sejarah klub, Falcao memberikan sengatan pertamanya ketika Rojiblancos menyapa Glasgow Celtic di mathcday 1 babak penyisihan grup. Gol di menit 3 untuk kemenangan 2-0 membuka jalur penyerang Kolombia untuk meraih gelar top skorer dan klubnya merebut tahta Eropa kedua dalam tiga tahun.

Tiga gol diborongnya di babak penyisihan grup. Lalu, ketika babak sistem gugur dimulai dan klub harus senantiasa membunuh lawan-lawan demi tiket final, sengatan Falcao terus berlanjut. 2 gol tandang ke gawang Lazio dalam kemenangan tandang 1-3. Lalu, lima gol dalam empat laga berturut-turut menghadapi Besiktas di Turki, Hannover 96 di laga home dan away, plus Valencia di leg pertama semifinal (2 gol).

Tambahan 2 gol di partai final membuat Falcao unggul dibandingkan Klaas-Jan Huntelaar, penyerang Schalke 04. Sebelumnya, Falcao dan Huntelaar berbagi tempat dengan masing-masing mencetak 10 gol. Bedanya, Huntelaar lebih sedikit bermain, dengan hanya tampil dalam 945 menit (klubnya tersingkir di perempat final).

Kini, dengan 12 gol berlaga lebih dari 1220 menit, Falcao berdiri sendirian di puncak; sekaligus unggul jauh dari Fernando Llorente sang juru gedor Athletic Bilbao, tim yang dihadapi Atletico Madrid di final, yang cuma mencetak 7 gol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda