Scroll to Top

Klub Liga Spanyol Lima Kali Juara dalam Sembilan Musim Terakhir Europa League

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 10 May 2012

Liga Eropa

Dalam sembilan pergelaran terakhir Europa League terakhir (dahulu Piala UEFA), wakil Liga Spanyol menunjukkan taji mereka. Valencia, Sevilla (2 kali), dan Atletico Madrid (2 kali) memboyong lima gelar dan membuat Liga Spanyol hanya kalah dari Liga Italia dalam koleksi gelar kompetisi yang dianggap sebagai kelas dua di Eropa.

Hingga musim 2002/2003, Piala UEFA merupakan misteri bagi klub-klub Liga Spanyol. Betapa tidak? Baru dua kali mereka mencium trofi. Dua-duanya pun disodorkan klub terbesar negeri matador, Real Madrid. Los Blancos menjuarai Piala UEFA musim 84-85 dan 85086 alias dua musim berturut-turut.

Musim 84-85, mereka menumbangkan Videoton (Hungaria) dengan agregat 3-1 dan musim berikutnya giliran Koeln (Jerman) yang dibekap dengan agregat 5-3.

Valencia
Valencia Juara Piala UEFA 2003-2004

Ya, hingga awal abad XXI, Liga Spanyol jauh tertinggal dari Liga Italia yang memiliki 9 gelar. Jangankan Serie-A. Wakil Bundesliga (Liga Jerman), Premier League (Liga Inggris), dan Eredivisie (Liga Belanda) saja tidak bisa dilewati oleh klub-klub Primera Division.

Namun, begitu Valencia bergerak pada musim 02-03, justru wakil Spanyol yang mendominasi Europa League.

Musim tersebut, Kelelawar Mestalla menghisap darah Olympique Marseille, wakil Perancis dengan skor 2-0 di Stadion Nya Ullevi, Swedia. Keran gelar pun mengalir.

Pada musim 05-06 dan 06-07, Sevilla berturut-turut menaklukkan Eropa. Mereka membumihanguskan Middlesbrough 4-0 di Philips Stadion. Setahun kemudian, giliran Espanyol, sesama wakil Spanyol yang ditumbangkan 3-1 dalam drama adu penalti di Hampden Park.

Sevilla FC 06-07
Sevilla Juara Piala UEFA 2006-2007

Dua musim tak meloloskan tim ke partai final, Liga Spanyol bangkit pada musim 09-10. Atletico Madrid dengan generasi emasnya mampu menaklukkan Fulham 2-1 di Hamburg Arena.

Setelah membiarkan wakil Portugal saling bunuh musim lalu, kini giliran Atletico Madrid dan Athletic Bilbao yang saling menerkam. Dalam pertandingan yang berlangsung ketat, skor 3-0 kurang merefleksikan apa yang terjadi dalam 90 menit. Namun, apa pun itu, Liga Spanyol kembali menambah gelar di ajang Europa League.

Liga Eropa 2

Kini, wakil La Liga unggul dari wakil Bundesliga dan Premier League yang masing-masing menempatkan 6 juara. Untuk wakil Liga Jerman, mereka sudah lama tak merasakan nikmatnya menjadi pemuncak Piala UEFA.

Terakhir kali mereka memetik gelar adalah kala Schalke 04 membekap Internazionale lewat adu penalti pada musim 96-97. Sementara, wakil Inggris terakhir adalah Liverpool yang menjuarai Piala UEFA musim 00-01 setelah menang dramatis atas Alaves dengan skor 5-4 lewat perpanjangan waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda