Scroll to Top

Kompetisi Eropa 10 Tahun Terakhir: Atletico Madrid vs Real Madrid 2-0

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 10 May 2012

Atletico Madrid 1

Perseteruan Real Madrid dan Atletico Madrid sebagai tim terbaik di ibukota Spanyol tak hanya terjadi di Liga Spanyol, tetapi juga di level Eropa. Cukup menarik jika kita membandingkan gelar Eropa kedua klub dalam 10 tahun terakhir: Atletico 2, Real Madrid 0.

Terakhir kali Real Madrid mengecup trofi Eropa adalah musim 2001/2002. Ketika itu, Los Merengues sukses menekuk perlawanan kuda hitam Bayer Leverkusen 2-1. Pada momen kala nama Michael Ballack mulai bersemi di Eropa, si gaek Zinedine Zidane mencetak gol spektakuler lewat tendangan voli sebagai gol penentu kemenangan.

zidane

10 tahun berlalu, jalan mengulang kebahagiaan terputus. Real Madrid masuk ke dalam lorong gelap dan bahkan tak mampu menembus final kompetisi telelite Eropa. Dua musim terakhir, bersama Jose Mourinhoyang sudah merebut dua gelar Liga Champions dengan dua klub berbeda, Los Blancos mentok di semifinal. Barcelona dan Bayern Muenchen mencabut mimpi mereka.

Lain di Liga Champions, lain pula di liga domestik. Dalam 10 tahun terakhir, Los Blancos empat kali mereguk nikmatnya menjadi pemuncak klasemen akhir. Dimulai dari musim 02-03, 06-07, 07-08, dan musim ini. Sebuah capaian yang hanya bisa dilewati oleh Barcelona (5 kali).

Kontras dengan Atletico Madrid. Liga Spanyol adalah mimpi buruk sejak mereka menjuarainya pada musim 1995-96. Artinya, 16 tahun sudah klub yang bermarkas di Vicente Calderon mengembara tanpa gelar di tanah sendiri.

Atletico Madrid vs Athletic Bilbao 3-0 1

Namun, lain pula nasib Rojiblancos di Eropa. Mereka mampu membuat rival sekota sedikit cemburu. Ya, dua gelar didapatkan Atletico selama 10 tahun penantian Real Madrid di Eropa. Dua gelar yang cukup aktual, karena didapatkan dalam tiga tahun terakhir.

Bahkan andai Piala Super Eropa 2010 ditambahkan —ketika Atletico menghajar Internazionale sang pemangku gelar Liga Champions— ada tiga titel Eropa Rojiblancos yang kemungkinan belum bisa ditembus Real Madrid musim depan.

Saat ini, dengan kualitas masing-masing, kita bisa berkata, Atletico menjadi raja Madrid di Eropa, dan Los Merengues adalah pahlawan ibukota Spanyol di ranah domestik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda