Scroll to Top

FIA Batalkan Larangan Praktek ‘Blown-Diffuser’

By Rheza Fadhlillah / Published on Thursday, 14 Jul 2011

Blown-Diffuser-clamp-downFIA mengumumkan putusan bahwa praktek penggunaan off-throttle Blown diffuser kembali di izinkan pada sisa balapan musim 2011.

Keputusan ini dicapai setelah seluruh tim menyetujui untuk hal tersebut di tunda. Mereka juga setuju untuk mengembalikan peraturan seperti yang sudah diterapkan pada GP Valencia untuk balapan-balapan selanjutnya.

Hal itu dilakukan setelah adanya ketidak jelasan penerapan peraturan pada GP Inggris lalu. Saat itu Prinsipal Tim Red Bull dan Mclaren terlibat aksi saling tuding pada saat konfrensi pers digelar.

Mereka saling menyalahkan satu sama lain terkait keringanan peraturan yang diberikan FIA kepada masing-masing pihak yang berseteru terhadap peraturan tersebut.

Menanggapi hal tersebut FIA akhirnya mengadakan beberapa kali pertemuan antar ketua teknisi untuk mendapatkan titik temu mengenai masalah tersebut.

Keputusan untuk mengembalikan peraturan kepada aturan pada GP Valencia pun digagas. Hal itu sempat ditentang oleh Ferrari dan Sauber. Namun akhirnya keduanya pun setuju untuk menandatangani persetujuan atas gagasan tersebut.

Dalam dokumen yang dirilis oleh FIA pada hari Kamis, badan pimpinan menegaskan bahwa mereka sekarang senang untuk mengembalikan peraturan kepada yang telah diterapkan di GP Valencia.

Isi dari dokumen tersebut tertulis, “Semua mobil akan berjalan di bawah kondisi ‘Valencia untuk sisa musim ini”.”Kami optimis bahwa tidak akan ada protes atas aturan engine mapping dan masalah knalpot musim ini”.

“Selain bagian utama dari kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan TWG itu juga sepakat bahwa tidak ada tim yang akan melancarkan protes terhadap masalah ini untuk sisa musim”.

Peraturan mengenai diffuser masih akan di kaji ulang untuk diterapkan pada musim 2012. Agar nantinya tidak akan terjadi kesimpang-siuran mengenai hal itu.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda