Scroll to Top

App Center, Toko Aplikasi Besutan Facebook

By Ditya / Published on Thursday, 10 May 2012

Facebook App Center

Mengikuti Apple dan Google, raksasa jejaring sosial Facebook tidak mau kalah dengan meluncurkan toko aplikasi sendiri pada hari Rabu (09/05/2012) dengan nama Facebook App Center.

Saat ini, pengguna mencari aplikasi melalui search bar atau kolom pencarian yang sama dengan yang digunakan untuk mencari orang, group atau event.

Hal ini sungguh merepotkan jika pengguna tidak mengetahui nama aplikasi atau game yang ia inginkan.

Dalam beberepa minggu kedepan, pengguna akan dapat melakukan pencarian aplikasi melalui Dashboard yang memiliki tampilan mirip dengan Apple App Store atau Google Play.

App Center besutan Facebook ini untuk memacu pertumbuhan aplikasi mobile yang menggunakan Facebook baik dari paltform iOS, Android maupun web mobile.

“App Center ini dirancang untuk menumbuhkan aplikasi mobile yang menggunakan Facebook, terserah apakah mereka berjalan di platform iOS, Android atau mobile web,” kata Insinyur Facebook, Harun Brady.

App Center buatan Facebook ini memang tidak seperti toko aplikasi biasanya, App Center ini lebih mirip sebuah App Hub yang juga terhubung dengan toko aplikasi seperti App Store dan Google Play pada aplikasi yang membutuhkan instalasi.

Melalui App Center, pengguna dapat mengakses aplikasi yang kompatibel dengan sistem operasi yang mereka gunakan dan jika aplikasi tersebut membutuhkan instalasi ke perangkat, maka pengguna akan dipandu dan diarahkan untuk mendownload aplikasi yang diinginkan melalui App Store atau Google Play sesua dengan platform yang digunakan..

Seperti yang dikutip dari Gizmodo dan Mashable, App Center buatan Facebook ini memerlukan login Facebook untuk mengaksesnya.

Pada hari yang sama, Facebook juga memperkenalkan aplikasi berbayar di Facebook.com, hal ini akan menjadikan kesempatan bagi developer aplikasi untuk menghasilkan pendapatan dan Facebook akan meminta jatah 30% dari transaksi developer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda