Scroll to Top

Unik! Penggunaan XBox Kinect Dalam Operasi Bedah

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 14 Jul 2011

Semua orang umumnya tahu apa itu Xbox, konsol game besutan Microsoft untuk menyaingi PlayStation, bagaimana dengan Kinect? Seperti yang diklaim Microsoft bahwa Kinect adalah perangkat yang memberi rasa dan pengalaman baru dalam gaming karena bebas controller.

Ada yang unik dari penggunaan Kinect, seperti dikutip dari ZDNet, jika umumnya digunakan sebagai alat gaming, maka di berita ini Kinect digunakan dalam operasi. Umumnya mahasiswa keperawatan pemula belajar teknik menjaga kehigienisan saat menangani pasien. Nantinya para perawat belajar teknik operasi dengan steril. Alasannya adalah lingkungan sebersih apapun nyatanya ada kuman dan semacamnya. Tentunya ada teknik tertentu yang bisa dipraktekkan demi melindungi pasien dari infeksi.

Menjaga lingkungan ruangan tetap steril dan murni sangat penting. Masalahnya adalah dokter terkadang harus keluar ruangan yang sudah steril demi mendapat informasi keadaan pasien.

Salah satu contoh operasi itu adalah CT imager, yang membuat dokter bedah keluar ruangan demi mengoperasikan komputer dengan keyboard dan mouse (tahu kan tentunya banyak kuman di keyboard dan mouse umumnya), lalu dokter harus membersihkan tangan hingga ke siku, terus berulang, intinya tidak praktis.

Karena banyaknya waktu yang terbuang dari kegiatan tersebut maka dokter tidak bisa sering menggunakannya dan hanya bergantung pada citra/gambar yang terakhir diambil.

Video berikut ini menunjukkan bagaimana dokter bedah di Sunnybrook Health Sciences Center di Kanada menggunakan Kinect sebagai pemecahan masalah menyentuh benda kotor. Karena mereka bisa menggunakan gerakan tangan, mereka mengontrol komputer dan gambar tanpa mengorbankan kesterilan. Sebuah harmonisasi bidang kesehatan dan teknologi gaming.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda