Scroll to Top

Mengapa Keringat Berlebih Dapat Terjadi?

By C Novita / Published on Thursday, 10 May 2012

keringat berlebih

Berkeringat adalah hal yang wajar. Namun jika keringat berlebih keluar padahal aktivitas yang dilakukan tidak banyak dan berat, maka hal tersebut tentu mengurangi rasa percaya diri Anda bukan?

Baju yang dalam sekejab telah basah, telapak tangan yang selalu lembab, dan rambut akan cepat sekali menjadi lepek karena terkena keringat berlebih yang keluar sungguh mengganggu.

Keringat berlebih dalam bahasa medis disebut hiperhidrosis. Gejalanya, jumlah keringat penderita biasanya hingga 4 sampai 5 kali lebih banyak dari pada orang normal.

Penyebab dari keringat berlebih atau hiperhidrosis dikelompokkan dalam 2 jenis yaitu yang primer dan sekunder.

Pada hiperhidrosis primer yang kerap dialami saat menjelang remaja, penyebabnya adalah genetik, faktor metabolisme, syaraf dan kondisi sistemik.

Sedangkan pada jenis sekunder, terjadi lebih sering pada usia dewasa. Penyebabnya biasanya lebih pada faktor psikologis, makanan, efek obat-obatan, dan menderita jenis penyakit tertentu, serta obesitas.

Dikutip dari female, dikatakan bahwa gangguan keringat berlebih akan makin menjadi jika terdapat komplikasi.

Komplikasi itu dapat berupa infeksi jamur dan bakteri sebab daerah berkeringat tentu lembab. Pun gangguan kulit seperti gatal dan ruam, ditambah lagi bau yang menyengat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda