Scroll to Top

Tablet Dominasi Komputer Dunia Kalahkan Laptop di Lima Tahun Kedepan

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 10 May 2012

Tablet bunuh LaptopPada lima tahun mendatang, atau di tahun 2015, laptop tidak akan lagi mendominasi.

Pengguna akan lebih memilih tablet. Setidaknya ini menurut penelitian dari Forrester Research.

Nantinya di tahun 2015, proses transisi ini akan dimulai. Pengguna akan lebih memilih tablet daripada laptop, netbook, dan notebook.

Laporan terbaru dari Forrester Research menyatakan jika lima tahun kedepan akan menjadi akhir dari 15 tahun kejayaan komputer jinjing.

“Untuk pertumbuhan user di abad milenium ini, kecenderungan memilih laptop akan semakin menurun,” tulis di salah satu halaman laporan oleh Frank Gillett, analisis Forrester Research.

Namun nantinya tablet tidak akan langsung menggantikan keberadaan laptop dengan sendirinya. Dengan makin maraknya aplikasi file sharing seperti Dropbox, iCloud, atau Box, akan membuat laptop masih bertahan.

Forrester Research lebih menyoroti pada segi penjualan antara keduanya. Terlebih tablet yang terus mengalami kenaikan penjualan dalam beberapa kurun waktu terakhir.

Prediksi Forrester Research pada tahun 2017 nanti, Tablet akan mengalami kelonjakan penjualan daripada laptop sebanyak lima kali lipat dari tahun 2011.

Di tahun 2011, total terjadi 81,6 juta transaksi tablet di dunia. Dan di tahun 2017 nanti diprediksi akan meningkat menjadi 424,9 juta.

Dan negara-negara berkembang serta China akan mendukung pertumbuhan tablet. Menurut Forrester Research mereka telah jenuh dengan laptop bahkan smartphone.

Salah satu batu sandungan pertumbuhan tablet adalah soal ukuran layar. Menurut Forrester Research, dengan ukuran 7 hingga 10 inc, layar tablet terlalu kecil untuk pekerjaan komputasi.

Apakah dominasi tablet atas laptop berarti dominasi iPad? Forrester Research tidak sependapat. Sebab mereka memrediksi jika di tahun 2017 nanti akan menyusut hingga 50%.

Laptop tidak akan hilang atau ditinggalkan pada lima tahun kedepan. Namun tidak lagi mendominasi. Proses transisinya juga akan memakan waktu bertahun-tahun.

Apakah Anda siap meninggalkan laptop dan beralih ke tablet? Tulis di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda