Scroll to Top

Dani Alves Pemberi Assist Terbanyak Lionel Messi

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 11 May 2012

Dani Alves

Siapa yang paling berperan terhadap kesuburan Lionel Messi dalam empat tahun terakhir? Jawabannya adalah Dani Alves sang pemberi sekian assist untuk King Leo.

Di luar lapangan, sosok Pep Guardiola adalah tokoh yang membuat Lionel Messi tak pernah berhenti mencetak gol. Keputusan Pep Guardiola untuk memasang sang nomor 10 sebagai penyerang, sekaligus memberi kesempatan Messi menembak dua hingga 3 kali lebih banyak daripada penyerang Barcelona lain, membuat King Leo begitu mengerikan di depan gawang lawan.

Musim lalu 53 gol, dan musim ini 72 gol. Semestinya, musim depan ada lebih dari 90 gol yang dibukukan Lionel Messi andai Tito Vilanova bersetia dengan skema Pep Guardiola.

Namun, di dalam lapangan, Messi layak berterimakasih kepada Dani Alves. Bek sayap yang tengah diisukan siap pergi dari Camp Nou, tercatat sudah memberikan 57 assist untuk gol-gol Barcelona. 31 di antaranya, atau sekitar 54,36% disetorkan khusus kepada Lionel Messi.

Messi Alves

Jumlah sodoran Dani Alves ini lebih banyak daripada rekan-rekan King Leo lainnya. Sebutkanlah dua gelandang yang sering dianggap sebagai pengumpan terbaik. Xavi Hernandez dalam empat tahun terakhir memberikan 24 assist untuk Messi, sementara Andres Iniesta 18.

Selain kemampuannya memberikan assist, Dani Alves tak diragukan lagi tentang kemampuan menyerang dan bertahannya. Bek Brazil begitu tangkas dalam membantu lini depan El Barca. Bahkan, pada akhir tahun lalu, ia pernah berposisi sebagai seorang ‘penyerang’. 15 gol sudah dibuat Alves sepanjang empat tahun terakhir. Masa tersuburnya terjadi pada musim 09-10 dengan 5 gol.

Kini, dengan tanda-tanda perpisahan yang mulai tampak, Barcelona harus sigap. Tito Vilanova, Sandro Rosell, dan Andoni Zubizarreta akan menunjukkan kebutuhan El Barca pada bek Brazil. Apakah musim depan mereka masih bersama —dengan demikian Lionel Messi akan menikmati assist demi assist Alves— ataukah saatnya Martin Montoya memegang kendali bek kanan.

(Mundo Deportivo/Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda