Scroll to Top

Mozilla : Windows 8 RT Akan Membawa Kembali Ke Era Kegelapan

By Ditya / Published on Friday, 11 May 2012

Tablet Windows 8

Mozilla dan Google berusaha untuk menekan Microsoft terkait kebijakannya yang hanya mengijinkan 1 browser yang terinstall di Windows 8 RT, hal ini menutup kesempatan browser lain seperti Chrome dan Firefox untuk bersaing.

General Counsel Mozilla, Harvey Anderson mengatakan bahwa kebijakan Microsoft akan membawa pengguna kembali ke masa kegelapan digital.

Seperti yang dikutip dari Webmonkey dan Slashgear, Windows 8 RT adalah sebuah edisi Windows 8 yang disesuaikan dengan perangkat tablet yang menggunakan arsitektur ARM.

Saat ini, Mozilla dan Google telah bekerja keras untuk membuat Firefox dan Chrome untuk Windows 8 RT yang telah mendukung antar muka Metro style.

Microsoft hanya mengizinkan 1 browser saja untuk berjalan di modus Metro style, yaitu Internet Explorer, sedangkan browser lain seperti Firefox dan Chrome tidak diizinkan.

“Pada Windows 8 RT (ARM), Microsoft memberikan Internet Explorer akses khusus¬† pada API yang mutlak diperlukan untuk membangun sebuah web browser modern. Hal ini tidak diberikan pada browser lain yang juga bersaing dengan IE dalam hal fitur dan kinerja,” kata juru bicara Mozilla, Asa Dotzler.

Tak hanya, Mozilla, Google pun berada di posisi yang sama dengan Mozilla dan kini juga ikut melontarkan komentar.

“Kami berbagi keprihatinan dengan Mozilla mengenai lingkungan Windows 8 RT yang membatasi inovasi. Kami selalu menyambut inovasi di pasar browser di semua platform dan kami percaya adanya pesaing kuat membuat kita bekerja lebih keras untuk tetap berkompetisi,” kata juru bicara Google.

Menurut Asa Dotzler, Microsoft mengikuti langkah yang sama dengan Apple iOS yang mencegah adanya browser pihak ketiga seperti Firefox untuk berjalan pada iOS.

Namun, Microsoft masih memiliki perjanjian dengan Uni Eropa mengenai pilihan browser pada Windows, dan Windows 8 RT masih tetaplah Windows.

Jika Microsoft masih belum berubah dengan kebijakan mengenai browser di Windows 8 RT, maka bukan tidak mungkin Google dan Mozilla akan menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan masalah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda