Scroll to Top

Negara-Negara Yang Sukses Menjadi Juara Euro Ketika Menjadi Tuan Rumah

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 11 May 2012

Euro 1984

13 edisi Euro atau Piala Eropa sudah bergulir. Dari sejumlah putaran final, hanya ada tiga tuan rumah yang mampu mencium trofi Euro. Siapa sajakah mereka?

Kesialan lebih sering mewarnai negara-negara yang menjadi tuan rumah Piala Eropa. Asa tinggi untuk mendapatkan gelar juara di kandang sendiri, justru menguap percuma. Ambillah contoh Belanda yang pada Euro 2000 ditumbangkan oleh Italia yang datang untuk menjajarkan 10 bek di depan kotak penalti di babak semifinal. Terlepas dari itu, ada tiga negara yang sukses menikmati peringkat pertama Eropa kala menjadi tuan rumah. Mereka adalah Spanyol (1964), Italia (1968), dan Perancis (1984).

1. Spanyol (Euro 1964)

Euro 1964 (saat itu bernama European Nations’ Cup) cukup unik karena hanya menyisakan empat tim di putaran final. Hungaria, Spanyol, Denmark, dan Uni Sovyet bertarung dengan sistem gugur. Menyingkirkan Hungaria dalam drama perpanjangan waktu, tim Matador berhadapan dengan Uni Sovyet.

Spanyol 1964

Dalam partai final yang diselenggarakan di Santiago Bernabeu, Marcelino Martinez mencetak gol penentu kemenangan Spanyol di menit 84 setelah skor 1-1. Gelar pertama dan satu-satunya bagi La Furia Roja hingga tahun 2008.

2. Italia (Euro 1968)

Empat tahun berselang, nama turnamen berganti menjadi European Championship. Lagi-lagi, hanya ada empat negara yang bermain di putaran final dengan sistem gugur. Italia lolos ke partai puncak setelah menang toss dengan Uni Sovyet.

Italia 1968

Lawan berikutnya yang dihadapi tuan rumah adalah Yugoslavia. Pertandingan berakhir 1-1 sehingga harus diulang. Pada partai replay, Luigi Riva dan Pietro Anastasi menjadi pahlawan negara dengan masing-masing mencetak satu gol di Olimpico.

3. Perancis (Euro 1984)

Michel Platini, bos UEFA saat ini, memiliki memori indah pada tahun 1984. Negaranya menjadi tuan rumah, ia menjabat sebagai kapten, dan tim Ayam Jantan merengkuh gelar pertama di Eropa.

Perancis 1984

Putaran final kali ini terdiri dari 2 grup yang masing-masing memiliki empat peserta. Perancis mulus menekuk Denmark, Belgia, dan Yugoslavia. Setelah menggasak Portugal di semifinal, Perancis berhadapan dengan Spanyol yang mengejar gelar kedua. Namun, Michel Platini dan Bruno Bellone menutup mimpi tim matador. Ayam Jantan berkokok di Parc des Princes.

Foto: Corbis/UEFA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda