Scroll to Top

Lima Fakta Unik Seputar Europa League 2011/2012

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 11 May 2012

Liga Eropa 2

Europa League sudah berakhir dengan kemenangan Atletico Madrid atas Athletic Bilbao 3-0. Fakta-fakta unik layak diungkapkan sepanjang penyelenggaraan Liga Eropa yang sering dianggap sebagai turnamen kelas dua di Eropa ini.

  • Musim 09-10, Atletico Madrid sukses memboyong gelar ketika menikam Fulham 2-1. Uniknya, hanya berselang dua tahun, tidak ada satu pun starting XI Rojiblancos musim tersebut yang tampil dalam final musim ini. Kebijakan petinggi Atletico yang menjual deretan pemain bintang seperti David De Gea, Sergio Aguera, hingga Diego Forlan, awalnya membuat fans frustrasi. Namun kini, mereka bisa berbangga karena mampu menyaingi rival sekota, Real Madrid, dalam urusan gelar Eropa.
  • Sepanjang musim 11-12, ada lima pemain yang tampil dalam 15 pertandingan Europa League. Tentunya, kelima pasukan tangguh ini berasal dari duo finalis. Atletico Madrid memiliki Radamel Falcao dan rekan duetnya, Adrian Lopez, yang tak tergantikan sejak babak penyisihan grup hingga partai puncak. Sementara, Bilbao memiliki Andoni Iraola, Iker Muniain, dan Markel Susaeta.

Liga Eropa

  • Radamel Falcao mencetak 29 gol dalam 29 penampilan di Europa League. Hebatnya, hal ini dilakukannya dengan dua klub berbeda. Musim lalu bersama Porto, dan kali ini bersama Atletico Madrid. Tak kalah unik, Falcao juga menjadi pencetak gol dua klub tersebut di partai puncak.
  • Dua gol tercepat di Europa League musim ini, secara kebetulan sama-sama terjadi di detik 19 setelah kick-off. Mereka yang beruntung membobol gawang lawan sesaat begitu wasit meniup peluit laga, adalah Taison (Metalist Kharkiv) dan Sergio Aguero (Manchester City). Taison melakukannya saat melawan FC Salzburg. Sementara, Kun Aguero membukukan gol saat City menggulung Porto 4-0.
  • Tidak sia-sia Manchester United terperosok ke Europa League musim ini. Setidaknya, meski digebuk Athletic Bilbao, Setan Merah bisa membanggakan satu hal. Mereka tercatat sebagai klub dengan penonton terbanyak. Pada leg kedua babak 32 besar saat menjamu Ajax Amsterdam, ada 67.328 penonton yang memadati Old Trafford. Sayang, dalam laga tersebut, United malah tertikam 1-2 dari sang rival asal Belanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda