Scroll to Top

Sepatu Plastik Picu Tumbuhnya Jamur

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 12 May 2012

sepatu plastik

Musim panas membuat kaki lebih lembab dari biasanya. Keringat yang keluar dari sepatu membuat jamur mudah tumbuh di kaki. Akhirnya, rasa gatal pun dirasakan. Kalau sewaktu menggaruk ada yang luka, kuman lain mudah masuk lewat lewat kulit terbuka itu. Peneliti India menemukan, orang-orang yang sering berakivitas di tanah, seperti tukang kebun yang memakai sepatu plastik, rentan kena infeksi kuku.

Jamur sering meninggalkan bekas yang tidak nyaman dipandang. Dan, ternyata, sepatu yang tahan air dan terbuat dari plastik lebih mudah sebagai agen tumbuhnya jamur. Jenis sepatu dengan alas plastik, seperti model sepatu  Crocs, justru kurang sehat buat kesehatan kaki. Lapisan anti-airnya membuat keringat di telapak kaki tidak meresap. Akibatnya, kelembaban yang tinggi dalam sepatu memicu kehadiran jamur.

Sepatu yang baik adalah yang punya pori-pori. Dengan begitu, kaki masih bisa bernafas dan mengurangi kesempatan jamur untuk tumbuh. Sebisa mungkin, kalau tidak ada keperluan, sebaiknya melepas alas kaki dan membiarkan kaki bernafas lebih bebas.

Jamur di kaki bisa menyerang kulit dan kuku.Kondisi jamur yang parah di kaki ditandai dengan penebalan kulit, perubahan warna, dan kuku  menjadi terbelah. Kulit juga terasa bersisik dan menimbulkan bau busuk. Rasa sakit akan muncul kala jamur sudah menginfeksi lebih dalam sehingga menyebabkan iritasi.

Oleh karena itu, usahakan selalu memakai sepatu yang tidak kedap udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda