Scroll to Top

Aktivitas Komuter Berisiko Alami Gangguan Kesehatan

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 13 May 2012

kereta komuter

Para komuter, orang yang terbiasa berpergian jauh setiap hari, cenderung punya masalah dengan kesehatannya. Masalah tersebut meliputi keluhan kardiovaskular hingga obesitas. Demikian menurut studi yang dimuat dalam American Journal of Preventive Medicine.

Orang yang terbiasa kerja dengan menempuh jarak puluhan kilometer setiap harinya, biasanya punya aktivitas olahraga yang kurang. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu di jalan, bekerja, lalu pulang dan bersantai. Aktivitas fisik terbatas pada rutinitas. Inilah yang menjadi salah satu pencetus obesitas dan buruknya proses metabolisme tubuh.

Peneliti juga melihat, para komuter ini punya risiko terkena cardiorespiratory fitness (CRF). Selain itu ditemukan pula kecenderungan BMI selalu naik, tekanan darah meninggi, dan perbesaran lingkar pinggang.

Para komuter biasanya menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum untuk pergi ke tempat kerja. Mobil, motor, bus, dan kereta api adalah beberapa alternnatif kendaraan yang sering digunakan. Bahkan, beberapa komuter kereta api sudah punya komunitasnya sendiri.

Hanya saja, peneliti mengatakan, komuter yang menempuh jarak sekitar 24 kilometer setiap harinya, kerap jarang melakukan kegiatan fisik yang bersifat sedang dan berat. Mereka terindikasi lebih mungkin mendapatkan kegemukan. Sementara itu, mereka yang menempuh perjalanan kurang lebih 16 kilometer dengan rutin, punya kecenderung mengalami tekanan darah tinggi.

Cara yang baik untuk meminimalkan risiko itu adalah membudayakan banyak beraktivitas yang melibatkan gerakan tubuh. Ini difungsikan untuk mengimbangi rutinitas yang terlalu sering beraktivitas ringan dan cenderung kurang gerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda