Scroll to Top

Liga Spanyol: 4 Tahun Bersama Pep Guardiola Rata-Rata Poin Barcelona 93,25

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 13 May 2012

Pep Guardiola 4

Bersama Pep Guardiola, Barcelona senantiasa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dalam empat tahun terakhir, El Barca mengumpulkan rata-rata poin 93,25. Hal yang hanya ada dalam mimpi para peserta Liga Spanyol lain.

Musim pertama Pep Guardiola menangani Barcelona, klub Catalan masih sedikit normal. Mereka mengumpulkan 27 kemenangan, 6 hasil imbang, dan lima kekalahan dari 38 pekan. Jumlah poin 87 adalah angka yang cukup familiar di telinga orang awam. Satu yang menandai bahwa Pep Guardiola tengah membawa sekumpulan alien untuk menginvasi Liga Spanyol, adalah torehan gol El Barca musim tersebut, 105 gol. Hanya kalah oleh Real Madrid era 1988-89.

Pep Guardiola 3

Musim berikutnya, Barcelona benar-benar menjelma menjadi makhluk asing. Mereka mampu membukukan 31 kemenangan, 6 imbang, dan cuma sekali tumbang oleh Atletico Madrid. Jumlah angka yang didapat adalah 99; rekor yang musim ini tengah dicoba untuk ditembus sang pesaing Real Madrid.

Bahkan meski produktivitas gol merosot ke angka 98 sekalipun, Barcelona cuma bisa dikuntit oleh Los Blancos musim tersebut —-yang dilatih Manuel Pellegrini, pelatih Malaga saat ini— dengan 96 angka.

 

Pep Guardiola 2

Musim 2010-11, Pep Guardiola menemukan lawan yang tak kalah tangguh, Jose Mourinho. Pelatih Portugal mampu memacu kuda Los Merengues hingga beberapa pekan sebelum La Liga berakhir.

Namun, gelar tetap ada di Barcelona sudah terasa sejak Lionel Messi dkk. menghajar Los Blancos 5 gol tanpa balas. Total, 30 kemenangan, 6 hasil imbang, dan 2 kekalahan dibuat pada musim ketiga Pep; setara dengan 96 poin.

Musim ini, musim keempat Pep Guardiola, sebenarnya El Barca masih tetap luar biasa. 28 kemenangan berhasil diraih. Disusul 7 hasil imbang dan 3 kekalahan. Andai, Liga Spanyol berjalan “normal” seperti setidaknya hingga lima tahun lalu, Pep Guardiola bisa mengantar El Barca juara empat kali berturut-turut.

Pep Guardiola 1

Namun kali ini, Real Madrid bosan untuk terus di bawah Blaugrana. Real Madrid berubah menjadi klub paling “tidak normal”. Betapa tidak? Mereka menciptakan 31 kemenangan, 4 hasil seri, dan 2 kekalahan. Hal yang masih bisa ditambah laga melawan Real Mallorca. Meski kali ini tak bisa melewati klub ibukota, Pep Guardiola masih membawa Barcelona menembus 90 poin; tepatnya 91 angka.

Jika seluruh poin Barcelona digabungkan dan dibagi empat musim, kita akan mendapatkan angka 93,25 poin. Jumlah ini, setara dengan rata-rata maksimal 31 kemenangan dalam semusim (dengan asumsi semua poin dihasilkan dari kemenangan, bukan hasil seri). Tidak ada kata lain, kecuali fantastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda