Scroll to Top

Konsumen Lebih Memilih Windows 8 Daripada Windows 8 RT?

By Ditya / Published on Sunday, 13 May 2012

Windows 8

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Microsoft akan meluncurkan sistem operasi tercanggihnya, Windows 8 yang terdiri dari 4 edisi.

Raksasa perangkat lunak asal Redmond ini diperkirakan akan meluncurkan Windows 8 pada bulan Oktober tahun ini yang terdiri dari Windows 8, Windows 8 Pro, Windows 8 Enterprise dan Windows 8 RT.

Namun secara umum, semua edisi Windows 8 mendukung arsitektur x86 Intel kecuali Windows 8 RT yang menggunakan arsitektur ARM yang digunakan pada perangkat mobile seperti tablet.

Kedepan, produsen hardware seperti HP, Acer dan Dell akan memproduksi tablet berbasis Intel Atom yang menggunakan Windows 8. Platform ini juga memungkinkan penggunaan prosesor yang lebih cepat seperti AMD dan Intel Core i3.

Namun beberapa produsen juga akan meluncurkan tablet berbasis prosesor ARM SoC (System on Chip) seperti Qualcomm, Nvidia Tegra dan Texas Instrument, yang akan menggunakan sistem operasi Windows 8 RT.

Baru-baru ini, CNET mengadakan polling mengenai tablet yang diinginkan konsumen. Hasil sementara dari polling tersebut mengatakan 51% responden lebih menyukai tablet Windows 8 berbasis Intel dan menunggu kehadirannya.

Sedangkan duet ARM dan Windows 8 RT hanya mampu meraih 21%, sedangkan sisanya sudah cukup puas dengan Apple iPad dan tablet Android. Mengapa duet ARM dengan Windows 8 RT kurang menarik? Berikut kelebihan dan kekurangan masing-masing platform.

Kelebihan Windows 8 + Tablet x86 Intel/AMD

Kelebihan dari duet ini adalah kompatibilitas terhadap berbagai macam perangkat lunak serta performa. Edisi Windows 8 Pro juga lebih disukai perusahaan dengan berbagai fitur seperti remote desktop, manajemen PC dan lain-lain.

Kekurangan Windows 8 + Tablet x86 Intel/AMD

Satu-satunya kelemahan platform ini hanya pada harga yang pasti lebih mahal dibanding tablet berbasis ARM.

Kelebihan Windows 8 RT + Tablet ARM

Kelebihan platform ini adalah pada harga yang lebih murah, daya tahan baterai  yang lebih lama dan ukuran yang lebih kompak.

Windows 8 RT akan hadir bersama Microsoft Office, sehingga pengguna tidak perlu membeli perangkat lunak Office.

Kelemahan Windows 8 RT + Tablet ARM

Kelemahan platform ini adalah pada ketersediaan perengkat lunak, jika pengguna sudah terbiasa menggunakan PC berbasis Windows, disarankan menggunakan tablet berbasis x86 Intel/AMD.

Selain itu, isu kebijakan Microsoft mengenai pembatasan pilihan browser juga berperan menurunkan pamor Windows 8 RT.

Jadi, apa pilihan Anda? Windows 8 atau Windows 8 RT? Atau Anda lebih memilih platform lain seperti Android dan iOS? Pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda