Scroll to Top

GCompris : Game Open Source Untuk Pendidikan Anak

By Ditya / Published on Sunday, 13 May 2012

Algebra Gcompris Anda bingung memilih perangkat lunak atau game yang mendukung belajar anak Anda? Coba saja Gcompris!

Gcompris adalah game yang awalnya dikembangkan pada tahun 2000 oleh insinyur perangkat lunak asal Perancis, Bruno Coudoin. Setelah dirilis, game Gcompris ini menarik banyak pengembang perangkat lain untuk ikut berkontribusi dalam mengembangkan Gcompris dan akhirnya Gcompris menjadi proyek open source.

Latar belakang pengembangan game ini adalah menyediakan game yang bersifat educational atau mendidik. Awalnya, game Gcompris dikembangkan untuk sistem operasi Linux.

Gcompris ini ditargetkan untuk anak-anak umur 2-10 tahun sebagai media untuk mempelajari dasar komputer dan berbagai permainan medidik lainnya.

Gcompris ini memilki 100 lebih kegiatan yang bersifat mendidik seperti menggambar, mengenal komputer, membaca, menulis, bermain puzzle atau berhitung matematika sederhana.

Gcompris sendiri menggabungkan beberapa game dan aplikasi open source yang bersifat mendidik menjadi satu payung dengan nama Gcompris dan dikemas dalam sebuah permaian yang interaktif dan menarik.

Di dalam Gcompris terdapat berbagai aplikasi seperti TuxPaint untuk belajar menggambar, Gnuchess untuk belajar bermain catur atau Gnucap untuk belajar rangkaian listrik.

Secara umum, Gcompris dibagi menjadi 7 bagian besar yang masing-masing memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda yang terdiri dari 100 kegiatan yang mendidik.

Computer Discovery, untuk membantu anak mempelajari bagian-bagian komputer beserta fungsinya seperti keyboard, mouse dan sebagainya.

Numeracy, untuk membantu anak mempelajari hal-hal yang bersifat numerik seperti berhitung, bermain menggunakan tabel, aljabar atau bermain dengan angka.

Science, untuk membantu anak mempelajari pengetahuan umum sederhana seperti permainan air, kapal selam atau simulasi.

Geography, untuk membantu anak mempelajari geografi dan ilmu bumi berupa peta dan mengenal letak suatu negara.

Games, membantu anak untuk mengembangkan kreatifitas melalui berbagai permainan yang bermanfaat seperti sudoku, catur dan permainan memori.

Reading, untuk membantu anak belajar membaca melalui praktek yang dikemas dalam sebuah permainan yang menarik.

Other, permainan tambahan yang juga tak kalah mendidik dan meningkatkan kreatifitas anak melalui permaian menyusun puzzle, menggambar, mewarnai gambar dan pembuatan kartun.

GCompris tersedia untuk sistem operasi Windows XP, Vista dan 7 serta Mac OS X dan juga Linux. Namun Gcompris untuk Mac dan Windows ada sedikit pembatasan fitur, namun untuk versi Linux, tidak ada pembatasan. Anda ingin mencoba? Silahkan unduh disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda