Scroll to Top

Microsoft Melarang Penggunaan Password Mudah Ditebak

By Ivan Azzam / Published on Friday, 15 Jul 2011

Password adalah hal yang lumrah digunakan saat kita membuat sebuah akun e-mail. Namun sayang banyak orang yang membuat password terkesan asal-asalan sehingga tingkat keamanannya sangat buruk sehingga akun e-mail miliknya dijebol peretas. Untuk itulah, Microsoft memberi perhatian lebih demi keamanan penggunanya yaitu dalam waktu dekat ini akan mengganti kebijakan pembuatan password yang artinya pelarangan terhadap password yang mudah ditebak.

Artinya anda yang membuat akun Hotmail baru atau mengubah password akun anda tak bisa menggunakan password mudah ditebak seperti misalnya “123456”, atau “password.” Sistem baru Hotmail ini juga akan memblokir kata yang mudah ditebak misalkan nama anda, atau kesukaan anda dsb.

Dikutip dari Ars Technica, tentunya kebijakan password ini adalah langkah bagus, sebagai contoh dari kasus hacking di AS akhir-akhir ini dimana password yang mudah ditebak melimpah jumlahnya. Orang-orang terus menerus memilih password buruk. Tentunya memblokir penggunaan password semacam ini menyebalkan bagi yang ingin menggunakannya tapi ini adalah demi kepentingan semua.

Dan jika akunnya tetap saja dijebol? Ada fitur baru yang siap menangani. Jika ada teman di Hotmail yang terus mengirim spam atau tipuan, anda bisa melaporkan bahwa akun teman anda diretas. Fitur ini bernama “My friend’s been hacked!,” yang akan memblok akun tersebut sehingga si spammer tak bisa menggunakannya lagi dan jika teman anda ingin memakainya lagi, maka akan dipandu ke proses pemulihan akun. Tertarik menggunakan Hotmail sebagai akun e-mail anda?

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda