Scroll to Top

Liga Italia: Selamat Tinggal, Legenda!

By Wan Faizal / Published on Monday, 14 May 2012

Gennaro Gattuso

Kompetisi Liga Italia musim 2011-2012 resmi berakhir pada hari ini, Senin (14/5/12) dini hari WIB. Berakhirnya salah satu kompetisi terbaik di Eropa musim ini juga menandai berakhirnya kiprah beberapa pemain besar yang selama bertahun-tahun mewarnai gemerlap sepakbola Italia. Siapa saja mereka?

AC Milan dan Juventus menjadi dua tim yang merasakan kesedihan ketika peluit akhir laga Milan vs Novara dan Juventus vs Atalanta ditiup wasit. Total ada delapan pemain hebat dari kedua kubu yang tidak akan bermain lagi di klub tersebut pada musim depan.

Milan menjadi tim dengan kehilangan yang paling banyak. Total ada tujuh pemain mereka yang akan pergi di akhir musim ini. Mereka adalah Alessandro Nesta, Clarence Seedorf, Gennaro Gattuso, Filippo Inzaghi, Mark van Bommel, Gianluca Zambrotta, dan Flavio Roma.

Suasana di Stadio San Siro setelah pertandingan selesai berubah menjadi pesta perpisahan yang mengharukan. Tangis pun pecah saat satu persatu para pemain tersebut mengucapkan salam perpisahan pada fans, rekan setim, dan ofisial klub.

Galliani-Inzaghi

Air mata tak hanya tumpah dari para pemain yang akan berpisah, namun juga datang dari rekan setim yang seakan tak rela ditinggal oleh teman mereka yang selam bertahun-tahun berjuang bersama di lapangan hijau.

“Saya pasti akan kembali lagi ke sini, ke Milan. Ada cinta yang mengikat kami semua dan itu tak bisa berhenti sampai disini,” ucap Inzaghi.

Kesedihan mendalam juga dirasakan oleh Gattuso. Gelandang yang sudah jarang bermain akibat cedera itu merelakan nomor kostumnya dipakai oleh Antonio Nocerino untuk musim depan.

“Nocerino boleh memakai nomor delapan musim depan. Klub memang pernah memutuskan untuk memensiunkan jersey Paolo Maldini dan Franco Baresi. Namun kami lebih memilih untuk memberikan nomor kostum kami pada rekan setim.”

Kejadian yang juga mengharukan terjadi di Stadio Juventus Arena. Sesaat setelah digantikan, Alessandro Del Piero memilih untuk berjalan mengelilingi lapangan untuk memberikan salam perpisahan pada fans. Setelahnya, Del Piero serasa tak kuat lagi untuk menahan laju air matanya.

Alex Del Piero

“Ini adalah momen yang luar biasa. Saya memiliki ikatan yang kuat dengan para fans. Pastinya ada kesedihan, namun saya ingin merayakan keberhasilan meraih scudetto ini dengan mereka,” tutur Del Piero.

Belum diketahui semua memang, akan berlabuh di klub mana para pemain tersebut di musim depan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan beberapa diantara mereka memilih untuk pensiun. Namun, jika dilihat dari kedekatan dengan klubnya, kecil kemungkinan mereka akan berlabuh di klub Serie-A lainnya untuk musim depan.

Dengan hengkangnya para pemain tersebut, praktis Serie-A kini hanya memiliki Francesco Totti (AS Roma), Javier Zanetti (Inter Milan), Gianluigi Buffon (Juventus), dan Massimo Ambrosini (Milan) yang masih bisa menjaga “keangkeran” Serie-A Italia.

Milanisti-Pippo

Zambrotta

Nesta

Abbiati-Roma-Inzaghi

Pippo Inzaghi

Tribute to Alex Del Piero

Del Piero

Del Piero-Sonia Amoruso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda