Scroll to Top

Terkait Skandal Gelar Palsu, CEO Yahoo Keluar

By Ditya / Published on Monday, 14 May 2012

scott-thompson

Yahoo mengatakan pada hari Minggu (14/05/2012) bahwa CEO YahooScott Thompson mengundurkan diri dari perusahaan terkait skandal gelar palsu.

Pada siaran pers mengatakan, anggota dewan Fred Amoroso akan menjadi ketua dan media global sedangkan Ross Levinsohn akan menjadi CEO sementara.

Pada siaran pers tersebut, tidak menyebutkan alasan spesifik Scott Thompson meninggalkan perusahaan.

Seperti yang dikutip dari Venturebeat, Scott Thompson menjadi CEO (Chief Executive Officer) Yahoo pada awal bulan Januari 2012 menggantingkan CEO sebelumnya, Carol Bratz.

Bersama Scott Thompson, Yahoo sempat mengalami restrukturisasi dengan menghentikan sekitar 2000 karyawan dan menghentikan sekitar 50 layanan pada bulan April dalam rangka membuat perusahaan lebih menguntungkan dan lebih efisien.

Langkah Scott Thompson dengan menghentikan 2000 karyawan dan 50 layanan ini sempat menuai kontroversi, namun ia mengatakan hal ini mampu membuat Yahoo lebih ramping, efisien dan fokus pada layanan pokok saja.

Scott Thompson sendiri sebelum menjadi CEO Yahoo, ia menjabat sebagai presiden PayPal, sebuah layanan pembayaran online miliki eBay.

Skandal ini berawal ketika Daniel Loeb, pemegang 5,8% saham Yahoo, mengetahui bahwa gelar sarjana ilmu komputer milik Scott Thompson adalah palsu.

Hal ini berbuntut dengan keluarnya Scott Thompson dari Yahoo dan sementara ini posisinya digantikan oleh Ross Levinsohn sebagai CEO sementara.

“Yahoo tidak pernah mendapatkan awal yang baik bersama Scott Thompson. Dia memimpin dengan strategi yang terbelakang, kemudian dilanjutkan dengan tindakan PHK 2000 karyawan dan penghentian 50 layanan.”

“CEO baru Yahoo harus memulai dengan visi yang jelas tentang apa yang mereka inginkan dan bagaimana Yahoo berkembang kemudian merencanakan dan melaksanakan ke arah itu,” kata Patrick Moorhead, Insight and Strategy President Yahoo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda