Scroll to Top

Inilah Klub Liga Spanyol Yang Lolos ke Liga Champion dan Liga Eropa

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 14 May 2012

Real Madrid

Real Madrid, Barcelona, dan Valencia sudah memastikan diri sebagai wakil Liga Spanyol ke Liga Champion. Mereka akan diikuti oleh Malaga. Sementara itu, Atletico Madrid dan Levante menggapai tiket ke Europa League bersama Athletic Bilbao.

Musim 2011-12 sudah berakhir. Peringkat satu hingga tiga sudah dipastikan sebelum dua jornada terakhir. Pengisinya pun sama seperti dalam dua edisi Liga Spanyol sebelumnya. Perbedaannya hanya masalah posisi. Real Madrid kini menjadi yang teratas. Mereka disusul oleh Barcelona dengan 91 poin.

Sementara itu, Valencia menjadi klub Liga Spanyol terakhir yang langsung lolos ke babak penyisihan grup Liga Champions. Sebuah prestasi mantap dari El Che mengingat mereka mampu mempertahankan tren yang sama hingga tiga tahun berturut-turut.

Malaga

Satu tiket lain untuk Liga Champions, didapatkan oleh Malaga yang pagi ini sukses membekap Sporting Gijon 1-0 lewat gol Salomon Rondon. Hanya, berbeda dengan tiga klub terdahulu, klub kaya baru ini harus berlaga di babak play-off terlebih dahulu sebelum menembus penyisihan grup. Sebuah hal yang semestinya akan membuat Syekh Al-Thani akan berani membeli pemain-pemain segar di bursa transfer musim depan.

Tiket Europa League sukses diamankan dua klub, Atletico Madrid dan Levante. Atletico yang merupakan juara bertahan Liga Eropa, duduk di peringkat lima klasemen akhir Liga Spanyol dengan 56 angka setelah menekuk tuan rumah Villarreal 0-1. Andai tidak menjadi juara Europa League, Atletico akan memulai perjuangan Liga Eropa mereka sejak babak play-off sesuai koefisien yang ditetapkan UEFA.

Levante3

Levante, klub miskin yang musim ini tak bosan-bosannya memakai sepatu Cinderella, menutup liga dengan kemenangan besar 3-0 atas Athletic Bilbao. Klub Ciutat de Valencia akan memulai laga mereka di babak kualifikasi ketiga Europa League, tempat mereka bisa mencari 180 ribu Euro dari dua laga.

Satu jatah lagi akan didapatkan oleh Athletic Bilbao, apa pun hasil final Copa del Rey. Fernando Llorente dkk. tinggal memilih kapan waktu mereka memulai Europa League musim depan. Andai menjuarai Piala Raja, mereka langsung memulai start sejak babak penyisihan grup.

Namun, andai ditekuk Barcelona, Bilbao akan lebih dahulu berlaga; yaitu sejak babak kualifikasi ketiga. Sebaliknya, Levante akan naik dan memulai pertandingan Europa League pertama mereka sepanjang sejarah, pada babak play-off.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda