Scroll to Top

Lifelens, Teknologi Untuk Mendeteksi Malaria Di Smartphone Anda

By Ivan Azzam / Published on Friday, 15 Jul 2011

Meski penyakit malaria sudah hilang dari daratan Eropa dan Amerika, malaria adalah parasit yang muncul di darah yang masih menyebabkan kematian jutaan orang di seluruh dunia setiap tahunnya. Penyakit ini tidak pilih kasih, semuanya terkena terutama di daerah Afrika. Untuk menangani masalah ini, seorang mahasiswa di Harvard Business School mencari pemecahannya dengan gadget yang dimilikinya, smartphone.

Cy Khormaee, seorang mahasiswa Harvard mencari cara dan berpikir seharusnya ada cara mendiagnosis malaria dan mengobati penderita sebelum semakin parah karenanya.

Diagnosis yang paling umum digunakan adalah RDT (Rapid Diagnostic Test). Namun sayangnya keakurasian hanya sekitar 40% dan peralatan serta obat yang tersedia cukup mahal, lagipula sering penderita mengalami gejala namun RDT mendeteksi sebagai negatif.

Diagnosis dari Khormaee ini melakukan pendekatan baru. Seperti yang dikutip dari Geek, dia membuat aplikasi, disebut Lifelens untuk Windows Phone 7, dan bersama dengan aplikasi itu, ada lensa microscopy yang ditempelkan ke kamera Windows Phone. Dokter lalu mengambil sampel dari jari pasien, jatuhkan setetes darah di lensa microscopy, dan tinggal nyalakan aplikasinya.

Lifelens membolehkan pengguna melihat sampel darah seolah dilihat dengan mikroskop biasa dan memudahkan untuk mengidentifikasi parasit malaria dalam sampel darah. Singkatnya, anda memiliki lensa yang sangat mudah dibersihkan sendiri dan terus digunakan untuk pasien lain atau bisa juga menempelkan beberapa lensa ke ponsel yang sama, dan dokter atau perawat bisa menentukan dengan tepat apakah pasien tersebut benar terinfeksi malaria, sehingga menghemat waktu, uang, dan tentunya menyelamatkan nyawa.

Lifelens ditemukan saat Khormaee mengikuti kontes Imagine Cup World Finals disponsori Microsoft yang menantang para investor dan mahasiswa untuk menggunakan teknologi memecahkan masalah sulit di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda