Scroll to Top

Distrowatch : Pantau Perkembangan Distribusi Linux Lewat Situs Ini

By Ditya / Published on Monday, 14 May 2012

Distrowatch

Anda pengguna sistem operasi open source Linux? Tentu tidak asing lagi dengan situs yang berisi segala macam informasi tentang Linux, Distrowatch.

Distrowatch adalah website yang menyediakan berita, informasi umum dan informasi rilis berbagai distribusi Linux dan sistem operasi open source lain seperti OpenSolaris, Minix dan BSD.

Distrowatch muncul pertama kali pada tanggal 32 Mei 2001 dan dikelola oleh Ladislav Bodnar.

Distrowatch memiliki program donasi untuk berbagai proyek open source dan memiliki 2 toko online yang menjual murah CD/DVD installer distribusi Linux, BSD dan sistem operasi open source lainnya.

Distrowatch memuat informasi yang sangat detail mengenai rilis sebuah distibusi Linux mulai dari karakteristik setiap distribusi hingga paket software apa saja yang tersedia dalam distribusi Linux lengkap dengan versi rilisnya.

Situs ini juga memuat berita perkembangan rilis setiap distribusi Linux mulai dari berita rilis tahap beta, release candidate hingga rilis final sebuah distribusi lengkap dengan tautan untuk mengunduhnya.

Di situs Distrowatch ini terdapat sekitar 500 lebih halaman profil distribusi sistem operasi linux, BSD dan sistem operasi open source lain lengkap dengan riwayat perilisan, identitas dan latar belakang dari sebuah distribusi hingga rilis terakhir dari distribusi Linux.

Hal yang membuat Distrowatch ini populer adalah adanya sistem rangking distribusi Linux berdasarkan kunjungan atau sering disebut page hit ranking.

Sistem rangking ini bermanfaat sebagai barometer untuk mengukur popularitas sebuah distribusi Linux.

Saat ini, distribusi Linux paling populer berdasarkan Distrowatch adalah Linux Mint, mengalahkan Ubuntu Linux yang cukup lama di posisi rangking 1 di Distrowatch.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda