Scroll to Top

Awas! Di Facebook, Data Pengguna Masih Tetap Tersimpan Meski Aplikasi Sudah Dihapus

By Ditya / Published on Monday, 14 May 2012

Dampak Negatif Facebook

Setelah meluncurkan berbagai inovasi seperti Pay to Promote Post dan Alat Pencegah bunuh diri, raksasa jejaring sosial Facebook kini melakukan perubahan terkait kebijakan mengenai data pengguna.

Berdasarkan postingnya di halaman Privacy Page, Facebook mengumumkan beberapa perubahan mengenai kebijakan data pengguna dalam rangka meningkatkan transparansi.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, pembaharuan kebijakan ini meliputi berbagai penjelasan dan contoh mengenai kebijakan akses data pengguna oleh pihak ketiga.

Dalam perubahan kebijakan tersebut, Facebook menjelaskan secara eksplisit jika salah seorang pengguna Facebook menggunakan aplikasi, game atau situs yang memerlukan login Facebook, maka splikasi atau game tersebut dapat mengakses data pengguna.

Facebook mengatakan data pengguna yang dapat diakses oleh pihak ketiga ini mencakup informasi dasar seperti nama, foto profil dan pengguna juga dapat mengatur informasi apa saja yang dapat diakses oleh layanan aplikasi atau game Facebook.

Facebook jika pengguna menghapus aplikasi atau game yang mereka pakai, maka data pengguna masih tetap disimpan di aplikasi atau game yang telah dihapus.

“Jika Anda telah menghapus aplikasi dan ingin informasi yang telah Anda bagi dengan mereka dihapus, Anda harus menghubungi aplikasi untuk menghapus data Anda,” tegas Facebook.

Jadi, jika misal pengguna Facebook menggunakan sebuah layanan game Farmville dan kemudian berhenti bermain dan menghapus layanan Farmville tersebut, maka data pengguna masih tetap disimpan oleh layanan game Farmville tersebut, kecuali pengguna meminta layanan untuk menghapusnya.

Sebaiknya pengguna berhati-hati dan selektif dalam menggunakan aplikasi dan game di Facebook dan jangan lupa untuk menghubungi layanan aplikasi dan game tersebut untuk menghapus data pengguna setelah pengguna tidak lagi memakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda