Scroll to Top

Andrei Arshavin Kapten Rusia di Euro 2012

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 14 May 2012

Andrei Arshavin

Pemain pinjaman Arsenal di Zenit St. Petersburg, Andrei Arshavin, ditunjuk sebagai kapten timnas Rusia di Euro 2012. Pelatih Rusia, Dick Advocaat, mengumumkan hal ini pada Senin (14/5).

Musim ini sempat menjadi musim yang kurang menyenangkan bagi Arshavin di London. Ia hanya tampil 19 kali. 11 di antaranya bahkan terjadi setelah ia duduk di bangku cadangan. Beruntunglah kemudian ia berada di trek apik setelah dipinjamkan ke Zenit St. Petersburg, klub yang pernah dibelanya mati-matian delapan musim sebelum bertolak ke Premier League.

Arshavin sendiri, akan memimpin rekan-rekannya menghadapi tim-tim kuda hitam di Grup A. Mulai dari tuan rumah Polandia, Cinderella Euro 2004 Yunani, dan Republik Ceska yang pernah mencicipi final Euro 1996 di Inggris.

Tantangan memang layak diberikan untuk Rusia. Mereka masih menyimpan dendam tak berpartisipasi di Piala Dunia 2010. Sementara, catatan terakhir di Euro 2008 lalu, cukup prestisius. Ketika itu, Rusia mampu melenggang hingga babak semifinal sebelum ditumbangkan oleh sang juara Spanyol dengan skor telak 0-3.

Andrei Arshavin 2

Dengan lawan-lawan yang relatif mudah ditaklukkan, potensi bagi Rusia untuk membuka jalan melebihi catatan empat tahun sebelumnya terbuka lebar.

Namun, sebelum menjajaki partai demi partai di putaran final, Rusia akan terlebih dahulu menjajaki tiga kali ujicoba. Yaitu, melawan Uruguay (26/5), Lithuania (30/5), dan sesama partisipan Euro 2012 Italia (2/6).

Khusus untuk Arshavin sendiri, sang kapten sudah mengoleksi 68 caps bersama timnas negaranya. 17 gol dibukukan winger yang bisa beradaptasi sebagai penyerang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda