Scroll to Top

Facebook Pembunuh SMS

By Ibnu Azis / Published on Monday, 14 May 2012

Facebook Messenger for iOs

Salah satu fitur unggulan ponsel adalah SMS. Fitur ini memang konvensional namun telah digunakan sejak dulu dan menjadi favorit pengguna ponsel.

Sebuah penelitian mengungkapkan jika Facebook telah menggerus kedigdayaan dan kepopuleritasan fitur SMS di telepon genggam. Seperti apa?

Facebook semakin menggurita. Tak hanya di sektor pengguna namun dalam segi fitur. Tengok saja aplikasi Facebook Messenger yang kini telah tersedia di Blackberry, iOs, dan Android.

Di aplikasi ini pengguna bisa chatting dan terhubung dengan siapa saja dan dimana saja.

Sebuah perusahaan konsultan yang bernama Strand Consult berpendapat jika tidak sedikit operator selular yang kehilangan ‘pemasukan’ mereka akibat perubahan gaya komunikasi konsumen.

Seakan Facebook telah membunuh SMS sebagai budaya dan ekosistem komunikasi pelanggan.

Pergeseran media komunikasi ini menurut Strand Consult sebagai prilaku yang wajar. Sebab hampir separuh dari pengguna Facebook berjejaring sosial melalui perangkat mobile.

Terhitung 425 juta dari 800 juta pengguna Facebook mengakses jejaring sosial semiliar umat ini menggunakan smartphone.

Dengan demikian Pengguna Facebook mobile akan terhubung dengan pengguna lain. Dan terhubungnya mereka juga termasuk dalam berkomunikasi.

Komunikasi ini juga termasuk dalam Facebook chat yang telah hadir di beberapa device unggulan.

Belum lama ini Facebook telah memutakhirkan layanan Facebook Messenger mereka. Di aplikasi chatting tersebut, pengguna akan menerima notifikasi laiknya BBM: R (read) dan D (delivered).

Dan fitur ini akan semakin menyamankan aktivitas ngobrol online di Facebook.

Kedigdayaan SMS sebelumnya pernah dihantam oleh beberapa aplikasi pesan instan di smartphone.

Sebut saja WhatsApp Messenger atau Blackberry Messenger (BBM). Dengan Facebook Messenger, sepertinya SMS benar-benar akan semakin tergusur.

Bagaimana menurut penilaian Anda dengan semakin ditinggalkannya SMS? Tulis pendapat Anda di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda