Scroll to Top

AMD Luncurkan APU Trinity, Rival Intel Ivy Bridge

By Ditya / Published on Tuesday, 15 May 2012

AMD Ultrathins

Setelah beberapa waktu lalu Intel meluncurkan Ivy Bridge, kini disambut oleh rivalnya, AMD, dengan meluncurkan APU generasi kedua, Trinity.

APU (Accelerated Processing Unit) adalah sebutan dari AMD untuk produk gabungan prosesor (CPU) dan grafis (GPU )menjadi 1 chip saja.

AMD menggabungkan kekuatan logika CPU dan kekuatan kreatif GPU untuk memberikan kinerja terbaik untuk pengguna.

Kehadiran APU Trinity ini merupakan jawaban AMD untuk menantang pesaingnya, Intel dengan Ivy Bridge-nya. Tak hanya itu, AMD juga menyiapkan platform Ultrathins untuk bersaing dengan Intel Ultrabook.

AMD APU Trinity memiliki ukuran chip yang sama dengan generasi sebelumnya, APU Llano dan AMD mengklaim Trinity lebih efisien dalam penggunaan daya.

Seperti yang dikutip dari CNET, APU Trinity ini terdiri dari 4 seri yaitu A4, A6, A8 dan A10. AMD mengklaim APU generasi kedua ini memiliki performa 2 kali lipat lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

APU Trinity tersedia berbagai varian jumlah core dan rating penggunaan daya yaitu dual-core 17W, quad-core 25W dan 35W.

AMD menggunakan arsitektur baru bernama “Piledriver” untuk prosesornya dan menggunakan grafis berbasis Radeon seri 7000, gabungan keduannya menghasilkan peningkatan kinerja yang signifikan dibanding generasi sebelumnya.

Seri tercepat dari AMD APU Trinity adalah A10-4600M quad-core dengan kecepatan 2,3GHz dengan grafis internal Radeon HD 7660G yang diklaim mampu mamainkan game-game modern dengan setting moderat.

AMD juga meningkatkan dukungan multimedia dengan fitur HD Media Accelerator untuk meningkatkan kualitas dan performa saat memainkan video definisi tinggi.

AMD mengklaim notebook dengan APU Trinity akan memiliki daya tahan baterai yang bisa diandalkan, 8,5 jam untuk browsing atau 4 jam untuk streaming video Youtube tanpa henti.

AMD juga memerkan prototipe Ultrathins notebook berbasis APU Trinity yang merupakan rival dari Intel Ultrabook.

Seperti yang dikutip dari Slashgear, AMD mengharapkan produk komersial baik Ultrathins, notebook atau desktop berbasis APU Trinity akan muncul pada tanggal 3 Juni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda