Scroll to Top

Download Lagu Gratisan, Tahun Depan Tidak Ada Musisi Di Indonesia?

By angelberta / Published on Wednesday, 16 May 2012

syahrini-priyo-ahmad-dhani

Maraknya situs-situs penyedia layanan unggah dan download lagu gratis, menyebabkan kerugian besar bagi para musisi, terutama bagi perusahaan rekaman di Indonesia. Disisi lain jelas bahwa pengunduhan ilegal adalah melanggar hak cipta.

Dalam sebuah pertemuan dengan sejumlah artis di Gedung DPR, Jakarta, yang dipimpin oleh Ahmad Dhani, Priyo Budi Santoso selaku Wakil Ketua DPR meminta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Tifatul Sembiring, untuk menindaklanjuti kegiatan ilegal ini.

“Silakan Tifatul dipanggil. Saya tahu dia sangat aktif menutup situs porno. Tapi saya yakin akan menjadi barokah bila dia membantu artis, dan menata ulang masalah ini. Sehebat apapun Syahrini, sehebat apapun Ahmad Dhani, kalau ini tak diperbaiki, ini akan meruntuhkan anak muda kita yang hebat dan berbakat,” jelas Priyo usai pertemuan, Senin (14/5).

Pertemuan itu juga dihadiri oleh Syahrini, Mulan Jameela, dan Alexa Keys dengan didampingi dari beberapa pihak industri musik seperti Toto Widjaya dari Sony Music Indonesia.

Fenomena pengunduhan dan download musik ilegal telah mematikan industri musik nasional. Jutaan kopian cakram lagu yang seharusnya bisa dijual, kini harus turun drastis hanya dalam jumlah puluhan ribu.

“Kalau seperti ini, semua industri musik hancur. ring back tone (RBT) juga kesulitan  karena masalah ribut-ribut RBT kemarin membuat pemasangnya habis. Dan jika tidak dibenahi, tahun depan tidak ada lagi artis musik Indonesia,” ujar Ahmad Dhani.

Di Indonesia, puluhan situs download lagu gratis sudah merajalela. Salah satu situs terbesar itu adalah www.4shared.com.

Kerugian industri musik akibat fenomena download musik ilegal mencapai Rp. 2 triliun setiap tahun dari satu situs download musik. Seperti dikutip dari BeritaSatu, EMI Music Indonesia sudah terkena dampaknya terlebih dahulu dan akhirnya gulung tikar.

“Kalau keadaan seperti ini, Sony bisa tutup di Indonesia tahun depan,” kata Toto Widjaya dari Sony Music  Indonesia.

Di Amerika Serikat, Pemerintah sudah menutup situs serupa yaitu www.napster.com. Pemerintah Amerika Serikat memaksa mereka membayar ratusan juta dolar atas kerugian kepada pemilik industri musik.

Menurut Toto, kasus terakhir yaitu pemilik www.megaupload.com dikejar sampai ke Selandia Baru oleh interpol. Mereka juga akan dibangkrutkan. Toto sangat berharap, tindakan seperti itu bisa dilakukan pemerintah Indonesia secara aktif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda